iOS 13 Akan Batasi Akses VOIP untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Apple memang terkenal ketat untuk urusan permission dan akses beragam aplikasi pihak ketiga. Meskipun beberapa tahun belakangan ini Apple memberikan kelonggaran, kini Apple berusaha lebih ketat lagi.

Seperti yang Apple katakan pada gelaran WWDC 2019, Apple akan segera membatasi akses aplikasi yang berjalan pada sistem saat tidak digunakan. Beberapa hal yang akan menjadi korban adalah akses VoIP untuk aplikasi pihak ketiga.

Juru bicara dari Facebook mengungkapkan bahwa perubahan pada iOS 13 akan membuat beberapa aplikasi seperti WhatsApp dan Facebook Messenger tidak akan bisa menjalankan API VoIP saat tidak digunakan. 

Facebook juga sedang berbicara dengan Apple mengenai masalah ini. Jika tak ada perubahan, maka pengalaman pengguna dalam menggunakan WhatsApp dan Messenger akan berkurang.

WhatsApp dan Messenger memiliki fitur VoIP. Jika aplikasi tersebut tidak dapat menjalankan API VoIP pada background app, maka pengguna tidak akan bisa menerima telepon yang masuk secara otomatis.

Menurut Apple, aplikasi dengan fitur VoIP sebenarnya akan tetap bisa menggunakan VoIP namun tidak bisa melakukan hal seperti mencari update terbaru dan membaca seluruh data yang masuk.

via MacRumors

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.