Menggunakan AirDrop Bisa Bocorkan Informasi Kontak?

AirDrop adalah solusi praktis dari Apple untuk mengirim file dari satu produk Apple ke produk Apple yang lainnya dengan mudah. AirDrop ini membutuhkan kontak Apple ID, sambungan Wi-Fi, dan Bluetooth.

Meskipun sangat praktis, namun ternyata AirDrop menyimpan sedikit celah keamanan. Celah keamanan yang dimaksud adalah terkait nomor kontak pribadi yang bisa bocor pada pengguna yang tidak dikenal.

Data tersebut bisa dilihat dengan melakukan trik pada transmisi yang sedang dilakukan, yang disebut dengan ‘hash of number’. Celah tersebut pertama kali dilaporkan oleh perusahaan keamanan Hexway pada 1 Agustus 2019 kemarin.

Menurut pihak Hexway, kasus kebocoran nomor kontak pengguna tersebut dapat terjadi karena adanya transimis data menggunakan Hash.

Hash biasa dipakai pada alamat Cryptocurrency, namun ternyata Hash yang muncul saat melakukan transfer data dengan menggunakan AirDrop karena proses tersebut mengandung kontak Apple ID.

via Mashable

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.