Amazon dan Google Ikuti Langkah Apple Dalam Kebijakan Asistem Virtual

Apple memiliki sebuah program yang diberi nama “Siri Grading Program”. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna Siri agar Siri bisa memberikan respon dan tanggapan yang lebih baik.

Hanya saja program ini membutuhkan sample percakapan pengguna dengan Siri dan dikirim langsung ke pusat penelitian Apple. Yang jadi masalah adalah meskipun dikirim secara anonim, namun manusia yang bekerja di belakangnya bisa mendengar percakapan yang dikirim tersebut.

Hal inilah yang diungkapkan oleh salah satu kontraktor Siri. Dia bisa mendengar beragam percakapan yang dikirim oleh perangkat Apple. Karena dia sangat khawatir dengan pelanggaran privasi, sang kontraktor langsung membeberkan masalah ini.

Apple meresponnya dengan menghentikan sementara program Siri Grading ini. Ternyata berhentinya program tersebut kemudian diikuti oleh Amazon dan Google. Mengapa?

Ternyata Amazon dan Google juga menggunakan metode yang sama dalam mengembangkan asisten virtual mereka, Amazon Alexa dan Google Assistant. Keputusan ini diambil tak lama setelah Apple menerapkan kebijakan yang sama.

Google sendiri pernah mengalami kebocoran data yang disebabkan oleh para kontraktornya ada yang mencuri data tersebut lalu disebarluaskan ke publik.

via Apple Insider

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.