FTC Selidiki Kesepakatan Antara Apple dan Amazon

Apple dan Amazon beberapa waktu yang lalu menjalin sebuah kerjasama baru. Kerjasama yang dimaksud adalah Amazon menjadi salah satu reseller pihak ketiga yang akan secara resmi menjual beragam produk Apple.

Selama ini reseller yang berjualan produk Apple di Amazon adalah reseller pihak ketiga biasa, yang tak ada ikatan apapun dengan Apple maupun pihak lain.

Setelah terjadinya kerjasama antara Apple dan Amazon, kini produk Apple yang tersedia di Amazon hanya berasal dari retailer resmi Apple saja. 

Bahkan ada beberapa reseller yang dilarang menjual produk Apple di Amazon. Hal inilah yang membuat protes dari pihak retailer pihak ketiga.

Dilansir dari The Verge, di dalam sebuah laporan terbaru menyebutkan bahwa Federal Trade Commission (FTC) Amerika Serikat sedang melakukan penyelidikan mengenai dugaan kesepakatan ilegal antara Apple dan Amazon.

FTC melihat potensi praktik monopoli yang dilakukan oleh Apple dan Amazon. Kini FTC bersiap untuk segera melakukan penyelidikan antimonopoli untuk melindungi reseller pihak ketiga yang dirugikan akibat masalah ini.

Padahal selama ini Apple sudah memiliki Apple Store fisik dan Apple Store Online, yang mana toko tersebut dikelola oleh Apple secara langsung. 

via The Verge

  iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.