foxconn-iphone-tim-cook-us1

Apple memang sering sekali menjadi target pencurian informasi produk baru di masa depan. Tak heran jika makin lama makin banyak saja produk baru yang bocor sebelum resmi diperkenalkan ke publik.

Hal ini tentu saja membuat tingkat kejutan akan produk baru tersebut menjadi berkurang. Produk baru Apple dianggap semakin tak menarik karena sudah bocor lebih dulu ke publik.

Di era awal tahun 2000-an dulu, Internet belum mendunia. Bocoran informasi produk baru tak bisa tersebar dengan cepat. Bahkan banyak orang yang tak tahu bocoran tersebut ada. Kini di era Internet sudah menjamur, penyebaran bocoran informasi produk baru bisa tersebar dengan cepat.

Apple diketahui sudah membuat tim keamanan khusus untuk pabrik manufaktur, yang diberi nama New Product Security atau NPS. Tim ini sebenarnya sduah dibentuk setelah tragedi kebocoran informasi iPhone 5C beberapa tahun silam.

Seorang karyawan dari perusahaan supplier Apple di Tiongkok berhasil membawa iPhone 5C ke luar pabrik. Bahkan kejadian tersebut sama sekali tidak tertangkap kamera, detektor, dan petugas keamanan.

Tim keamanan tersebut menemukan beragam cara yang dilakukan oleh pekerja untuk bisa membawa komponen ke luar pabrik dan menyembunyikan komponen dengan beragam cara, mulai dari menyembunyikan di sepatu hingga menggali sebuah lubang di pojokan pabrik.

Apple kini sudah memperketat sistem keamanan agar tak ada lagi informasi yang bocor ke luar, seperti scan kantong sampah, keamanan kode tiap komponen, hingga penghitungan suplai setiap harinya. Bagi perusahaan yang ketahuan membocorkan informasi akan dikenai denda yang sangat besar.

via The Verge

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.