Cara Memasukkan CD dan DVD ke Mac dan MacBook

Semua komputer Mac terbaru dari Apple sudah tidak dilengkapi dengan CD atau DVD Drive lagi. Padahal dulu setiap produk Mac dan MacBook memiliki CD ROM dan juga DVD ROM untuk membaca dan membakar disk yang dikenal dengan nama SuperDrive.

Alhasil sekarang pengguna Mac dan MacBook sudah tidak bisa lagi memasukkan CD ke komputer Mac mereka. Satu-satunya cara adalah dengan membeli aksesoris terpisah dari pihak ketiga maupun dari Apple sendiri yaitu Apple SuperDrive.

Buat kamu yang ingin tahu cara memasukkan CD ke MacBook dan Mac yang tidak punya CD atau DVD drive, berikut ini adalah tutorial lengkapnya:

  1. Sambungkan CD atau DVD Drive eksternal ke Mac dan MacBook kamu.
  2. Masukkan CD ke Drive Eksternal tersebut.
  3. Tunggu beberapa saat sampai CD maupun DVD yang kamu masukkan terbaca di Mac atau MacBook.
  4. Ikon CD akan muncul di Desktop dan di Finder.
    Cara Memasukkan CD dan DVD ke Mac dan MacBook
  5. Double klik ikon tersebut sebagaimana layaknya membuka folder.
    Cara Memasukkan CD dan DVD ke Mac dan MacBook
  6. Jika CD terbaca maka kamu sudah berhasil memasukkan CD ke MacBook dan Mac dari drive external.

CD memang pernah menjadi perangkat yang praktis dan ringkas untuk mendistribusikan file digital. Namun peran CD dan DVD kini sudah tergantikan dengan berbagai macam perangkat seperti Flashdisk atau Flashdrive, SSD dan HDD eksternal.

Distribusi file digital sekarang juga sudah bisa dilakukan dengan cepat dan mudah berkat adanya jaringan internet. Hal inilah yang membuat penggunaan CD semakin ditinggalkan, khususnya di negara maju.

Bagaimana? Kamu sudah bisa memasukkan CD ke MacBook dan Mac yang tidak memiliki CD Drive bawaan?

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.