Cara Bakar atau Burn CD dan DVD di Mac dan MacBook

Kegiatan burn atau membakar file ke CD maupun DVD saat ini masih menjadi sesuatu yang penting. Apalagi untuk anak sekolah atau kuliah di Indonesia yang mana masih menggunakan CD maupun DVD sebagai media penyimpanan dan distribusi file.

Apple sudah sejak lama sekali berani mengambil keputusan untuk tidak lagi menyertakan pembaca CD dan juga DVD di MacBook dan juga komputer Mac terbaru. Meskipun begitu, dukungan untuk bisa membakar file ke dalam CD tetap ada di dalam macOS hingga sekarang.

Untuk memasukkan CD ke Mac dan MacBook juga pengguna perlu menggunakan aksesoris eksternal tambahan. Apple juga membuat SuperDrive sendiri sehingga untuk kamu yang menginginkan aksesoris Apple untuk burn CD, kamu bisa membelinya.

Untuk membakar CD di Mac, kamu bisa ikuti tutorial mudah berikut ini:

  1. Masukkan CD ke Mac atau MacBook.
  2. Finder di macOS akan mengenali CD atau DVD kosong.Cara Bakar atau Burn CD dan DVD di Mac dan MacBook
  3. Langsung saja kamu drag and drop file yang hendak kamu bakar ke dalam CD di Mac.
    Cara Bakar atau Burn CD dan DVD di Mac dan MacBook
  4. Setelah itu, kamu tekan ikon Burn untuk melakukan proses burn CD di Mac.
    Cara Bakar atau Burn CD dan DVD di Mac dan MacBook
  5. Dialog Burn CD akan muncul.
  6. Kamu bisa memberi nama CD atau DVD sesuai keinginan sebelum melakukan Burn.
    Cara Bakar atau Burn CD dan DVD di Mac dan MacBook
  7. Tekan Burn, dan proses burn CD akan berlangsung beberapa saat tergantung model CD beserta banyaknya file yang dibakar ke CD.
  8. Jika sudah maka tekan Eject untuk mengeluarkan CD dari Mac atau MacBook kamu.

Proses membakar file ke CD di Mac memang terlihat sangat mudah. Yang membuatnya sulit sebenarnya adalah karena tak adanya pembaca dan pembakar CD atau DVD bawaan. Pengguna harus beli aksesoris terpisah. Mulai dari MacBook Air pertama dirilis hingga semua MacBook sekarang sudah tak lagi diberi pembaca CD.

Bagaimana? Kamu sudah berhasil melakukan burn file ke CD dari Mac kamu?

Mau tahu bagaimana cara memasukkan file ke CD dan DVD melalui komputer Mac dan MacBook? Kamu bisa ikuti tutorial cara bakar CD di macOS berikut ini

  Review vivo S1 Pro — Apa yang Baru..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.