Buang 3D Touch, Apple Fokus Kembangkan Haptic Touch

Sejak diperkenalkan di iPhone 6s, fitur 3D Touch ini memang menjadi salah satu fitur wajib di jajaran iPhone terbaru. Meskipun begitu, banyak yang mengatakan bahwa sebenarnya banyak pengguna yang tak begitu peduli dengan fitur yang satu ini.

Ketika Apple merilis iPhone XR, Apple menggunakan Haptic Touch dan bukannya 3D Touch. Salah satu kelebihan Haptic Touch ini adalah mampu memberikan dukungan yang mirip dengan 3D Touch namun tanpa perlu dukungan hardware khusus sehingga diklaim bisa menekan harga produksi.

Menurut banyak orang yang sudah menggunakan iOS 13 Beta, fitur 3D Touch ini mulai digantikan ke Haptic Touch. Salah satu buktinya adalah pengguna sudah tidak lagi merasakan respon tekan kuat ketikan menekan dan menahan layar seperti sebelumnya.

Fitur Haptic Touch ini kabarnya juga akan dirilis ke semua jenis perangkat iOS yang mendukung iOS 13, termasuk iPhone SE dan juga semua perangkat iPad yang sebelumnya tak punya fitur 3D Touch.

Migrasi dari 3D Touch ke Haptic Touch juga akan segera dilakukan untuk berbagai macam fitur lainnya di iOS 13, mulai dari Peek and Pop, akses Rich Notification, dan akses untuk menghapus notifikasi beserta preview link.

Entah apakah peralihan ini merupakan sebuah downgrade untuk pengguna iPhone yang sebelumnya sudah punya 3D Touch, namun untuk pengguna iPhone SE dan pengguna iPad, hal ini adalah sebuah upgrade yang menarik.

via The Verge

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.