Kontroler PS4 dan Xbox One Akan Bisa Dipakai di tvOS, iOS, iPadOS, dan macOS

Perangkat Apple seperti komputer Mac, MacBook, dan Apple TV memang tak pernah dianggap sebagai perangkat yang bagus untuk bermain game. Perangkat lain seperti iPhone dan iPad juga tak pernah dirancang sebagai perangkat mobile gaming meskipun tersedia banyak game di App Store.

Salah satu alasan lain mengapa produk Apple kurang bisa diterima oleh gamer adalah karena tak ada dukungan secara native untuk kontroler game, seperti misalnya stik PS4 dan Xbox One. Padahal PlayStation dan Xbox adalah konsol game paling laris saat ini, dan komputer Windows bisa menggunakannya.

Berbagai macam tweak tak resmi mulai dirilis oleh para programer dan enthusiast. Namun tetap saja pengguna tak bisa merasakan pengalaman native menggunakan kontroler tersebut karena saat ini Apple masih belum membuka dukungan untuk kontroler game pihak ketiga.

Penantian tersebut akhirnya akan berakhir. Pasalnya di WWDC 2019 kemarin Apple resmi memperkenalkan update berbagai platform baru seperti iOS 13, iPadOS, tvOS 13, dan macOS Catalina. Salah satu fitur barunya adalah dukungan stik game atau kontroler PS4 dan Xbox One secara resmi.

Pengumuman untuk membuka dukungan gaming controller PS4 dan Xbox One ini sepertinya sengaja karena seperti yang kita tahu, Apple akan segera merilis layanan berlangganan game yang diberi nama Apple Arcade.

via The Verge

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.