Nanti malam tepatnya jam 12 malam sampai jam 2 pagi, Apple bakal menggelar event World Wide Developer Conference atau WWDC 2019. Ini adalah event besar Apple buat ngumumin the next iOS, the next macOS, dan berbagai next teknologi Apple lainnya khususnya di area platform dan software. Nah buat kamu yang penasaran kira2 apa aja yang bakal diumumin Apple malam nanti di WWDC 2019, inilah beberapa hal yang bisa kamu harapkan.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno terupdate setiap hari

iOS 13

Pertama tentunya ada iOS 13 dengan Dark Mode sebagai fitur baru utama. Seperti yang kamu tahu beberapa hape Android udah dilengkapi Dark Mode, kayak Samsung dengan One UI nya atau Xiaomi dengan MIUI nya. Dan iOS 13 dipastikan juga bakal punya Dark Mode, karena kemaren sempet bocor tampilan Dark Mode nya. Dark Mode ini nantinya bisa diaktifkan dengan cepat lewat Control Center.

iOS 13 juga bakal fokus di peningkatan performa, melanjutkan apa yang udah jadi fokus iOS 12. Dan kabarnya Apple mulai mengerjakan juga swipe keyboard — jadi bisa ngetik cepat pake swipe-swipe kayak di aplikasi SwiftKey atau di keyboard mayoritas hape Android.

Tentunya ada juga banyak perombakan di aplikasi bawaan iOS 13. Ada aplikasi baru Find My yang berisi gabungan Find My Friends dan Find My iPhone. Kemudian ada sleep mode, lalu Reminders — ini diupdate jadi makin advanced kayak aplikasi to-do list, Apple Health juga diupdate dengan info aktivitas harian yang lebih detail, lalu Apple Book punya reward system biar baca makin seru, iMessages juga kabarnya diupdate jadi kayak WhatsApp, bisa punya profile picture, display name, dan mengatur siapa yang bisa liat. Mail dan Safari juga bakal diupdate, dimana Safari ini bakal punya folder download sendiri — kayak experience Safari di macOS yang file downloadnya ngumpul di satu folder.

iPad juga kebagian fitur baru seperti di Duet Display atau Luna Display ya, jadi ipad bisa kamu jadiin sebagai layar kedua Mac, dan bisa dipake untuk gambar2 atau yang lainnya.

macOS 10.15

Kedua, bakal diumumkan juga macOS 10.15. Fitur utama dari macOS baru ini adalah kemudahan bagi developer untuk mengusung aplikasi iPad ke macOS. Jadi sebagai pengguna Mac, kita bakal segera mendapati banyak aplikasi iPad bisa dijalankan di Mac. Teknologi ini disebut Apple sebagai Marzipan, dan sudah digunakan Apple untuk mengusung aplikasi Home dan News dari iPad ke Mac. Jadi siap2 aja Mac kebanjiran aplikasi iPad.

Selanjutnya bakal ada aplikasi Apple Music juga yang hadir ke Mac, lalu ada Podcast & TV apps juga di Mac, jadi yang sebelumnya semua semua digabung jadi satu di iTunes, sekarang bakal dipisah. Bahkan bau2nya iTunes juga bakal dimatikan Apple.

Senada juga dengan update aplikasi bawaan di iOS, di Mac juga bakal ada update aplikasi bawaan kayak Apple Books yang bakal diupdate besar-besaran secara fitur dan tampilan, begitu juga reminders yang bakal jadi lebih advanced lagi. Dan kalo kamu sering pake Siri Shortcut di iPhone, fitur ini juga diusung ke macOS 10.15.

Integrasi dengan Apple Watch juga bakal diperluas, jadi kalo sebelumnya Apple Watch bisa dipake buat unlock Mac, sebentar lagi kayaknya bakal bisa dipake juga buat otentikasi lain yang butuh Touch ID.

Sisanya senada kayak iOS 13..misalnya ada aplikasi Find My yang selain menggabungkan Find My Friend dan Find My iPhone atau Find My Mac, tetapi ada juga Find Networks yang memungkinkan device ditemukan meskipun tidak terhubung ke Wifi atau seluler.

WatchOS 6

Ketiga tentu ada watchOS 6. Selain menambah banyak watch face baru, watchOS 6 ini kabarnya bakal mulai punya App Store sendiri. Jadi kamu bisa buka app store langsung dari dalam Apple Watch. Ada juga aplikasi books yang baru untuk audiobook, aplikasi cycle utk siklus kewanitaan ya, lalu Voice Memo dan kalkulator juga bakal hadir ke Apple Watch.

tvOS 13

Keempat tentu diumumkan juga tvOS 13, meskipun belum tahu juga apa yang baru di tvOS 13 ini.

Mac Pro

Menariknya lagi, meskipun WWDC ini lebih banyak fokus ke software, tidak menutup kemungkinan bakal ada pengumuman device baru juga. Kabarnya Apple tengah mempersiapkan 3 lini device baru.

Pertama ada Mac Pro, yang mungkin bakal lebih modular untuk memudahkan upgrade.

Kedua ada eksternal monitor yang kabarnya bakal berukuran 31.6 inch beresolusi 6K. Layar ini kabarnya menggunakan miniLED technology dan support beberapa fitur seperti Night Shift, True Tone, HDR, dll.

Kemudian ketiga kabarnya ada juga 16 inch MacBook Pro dengan desain yang benar-benar baru.

Selain itu dengan hadirnya Aplikasi Music, TV, dan Podcast secara terpisah ke Mac — lalu dengan dihapusnya berbagai postingan Apple di akun sosmed official iTunes, kemungkinan iTunes bakal dimatikan dan kematiannya ini bakal diumumkan di WWDC 2019 nanti.

Kalo saya sendiri yang paling saya tunggu tentu aja Dark Mode di iOS 13, lalu juga advanced Reminder, keren banget kalo fungsinya diperluas jadi seperti aplikasi Task Management, serta hadirnya berbagai aplikasi populer iPad ke macOS.

Tulis di kolom komentar pengumuman apa yang paling kamu tunggu di WWDC 2019 nanti, jangan lupa juga nonton live streamingnya nanti malam dari link berikut ini.