Inilah Alasan Mengapa Apple Masih Rilis iPod Touch

Beberapa hari yang lalu, Apple diam-diam merilis iPod Touch baru yang mana terakhir kali dirilis pada tahun 2014 yang lalu. Sejak saat itu, Apple sudah tak pernah lagi merilis iPod Touch, dan banyak orang menganggap iPod memang sudah dimatikan oleh Apple.

Bagaimana tidak, semua yang bisa dilakukan di iPod kini juga sudah bisa digunakan di iPhone. Hingga pada akhirnya Apple menghapus halaman iPod Touch di halaman depan situs web Apple, meskipun halaman iPod Touch masih ada namun tidak lagi tampil di halaman depan web Apple. Semua orang beranggapan iPod sudah dibunuh.

Namun secara mengejutkan, Apple masih merilis iPod Touch baru. iPod Touch generasi ke-7 ini memang masih mengusung desain yang sama persis dengan iPod Touch generasi ke-6 yang dirilis pada tahun 2014 yang lalu. Satu-satunya perubahan hanyalah dukungan prosesor A-Series, besarnya memori, dan besarnya pilihan storage.

Kini iPod Touch 7 hadir dengan Apple A10. Meskipun tak menggunakan prosesor A12 terbaru, namun prosesor A10 dinilai masih sangat mumpuni untuk menjalankan semua program dan game berat iOS. Apalagi sekarang didukung dengan memori 2GB yang tentu saja termasuk besar di iOS.

Pilihan storage kini juga tersedia 32GB, 128GB, dan 256GB. Banderol harga yang masih sama, yaitu mulai dari $199 saja. Lantas apa alasan dan tujuan Apple masih merilis iPod Touch yang mana semua fiturnya sudah ada di iPhone?

Jawabannya adalah pasar. Ya, ada pasar yang memang tak pernah terjangkau oleh sebagian orang, maupun kalangan yang memang belum siap untuk menggunakan iPhone. Pasar tersebut adalah anak-anak dan remaja. 

Beberapa negara mengharuskan persyaratan yang cukup ketat untuk menggunakan layanan seluler. Tak seperti di Indonesia yang bisa dengan bebas membeli kartu SIM di pinggir jalan. Bahkan ada negara yang mengharuskan usia tertentu agar bisa menggunakan kartu SIM beserta layanan seluler.

Apalagi biaya seluler di luar negeri juga sangat berbeda dengan Indonesia, yang mana tak semua kalangan bisa menggunakan layanan seluler. Lantas untuk apa beli iPhone yang mahal kalau tak bisa pakai layanan seluler? Jika di iPad ada iPad Wi-Fi Only, maka iPod Touch bisa dibilang sebagai iPhone Wi-Fi Only.

Dengan harga yang murah, tanpa dukungan seluler, tentu sangat tepat bagi para orang tua untuk memberikan anak-anak mereka yang menginjak usia remaja dan belum siap untuk memiliki iPhone. Pasar itulah yang sebenarnya ingin dimasuki oleh Apple.

Apalagi penjualan iPhone yang anjlok di berbagai negara juga membuat Apple ingin mencoba peruntungan dengan iPod Touch, sebagai solusi murah untuk menggunakan produk iOS. 

Bagaimana menurutmu mengenai strategi Apple terhadap iPod Touch ini?

via Apple Insider

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.