Ada 5.400 Aplikasi Lacak Data Pengguna iPhone

Dalam sebuah laporan terbaru dari The Washington Post mengungkapkan bahwa mereka telah melakukan penelitian dan pengujian terhadap data yang dikirimkan dari iPhone dengan menggunakan aplikasi Privacy Pro.

Ternyata dalam penelitian dan pengujian yang dilakukan oleh Geoffery A. Fowler, salah satu jurnalis The Washington Post selama satu minggu ditemukan ada setidaknya 5.400 app tracker atau pelacak aplikasi yang mengirimkan data dari sebuah iPhone ke sumber pihak ketiga.

Data-data yang dikirimkan tersebut digunakan di berbagai platform, mulai dari App Store, Developer, sampai dengan Marketing yang mampu memperoleh beberapa data pribadi pengguna.

Sebagai contoh, meskipun dalam kondisi yang sedang tidak digunakan namun sebuah iPhone bisa saja tetap memberikan berbagai data ke berbagai pihak ketiga.

Beberapa perusahaan besar dan pengembang aplikasi yang terkenal mendapatkan data pengguna adalah Facebook dan Google. Mereka mendapat data dari aplikasi milik mereka yang dipasang di iPhone.

Bahkan dengan menggunakan aplikasi pelacak sekalipun, para pengguna pada dasarnya tidak pernah bisa mengetahui dengan pasti ke mana data tersebut pergi dan dikirimkan. Apakah pihak yang mendapatkan data kita bisa menjaganya?

Badan Keamanan Nasional, Patrick Jackson menyarankan kepada Apple agar mereka bisa meningkatkan lagi kontrol pada aplikasi iOS agar pengguna mampu melacak data apa saja yang dikirimkan ke pihak ketiga.

via The Washington Post

  Akhirnya Punya NFC..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.