iCloud dan iTunes Dituduh Melakukan Pelanggaran Hak Paten

iTunes pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada Januari 2001. iTunes menjadi salah satu perangkat lunak yang ambil bagian dari strategi digital hub yang dicetuskan oleh Steve Jobs pada waktu itu.

Sementara iCloud adalah layanan awan dari Apple yang menggantikan peran komputer sebagai pusat kehidupan digital milik pengguna. Komputer kini diposisikan sebagai salah satu perangkat, dan iCloud menjadi penghubung semua perangkat buatan Apple.

Setelah sekian lama berjalan, banyak gugatan dan tuduhan pelanggan hak paten. Namun iTunes dan iCloud masih tetap eksis hingga saat ini. Kali ini ada laporan terbaru mengenai gugatan terkait pelangganan hak paten tersebut.

Sebuah perusahaan Irlandia, Data Scape Limited, secara resmi merilis gugatan ke pengadilan Texas untuk masalah penggunaan sistem sinkronisasi data yang digunakan pada layanan iCloud dan iTunes.

Perusahaan tersebut menganggap bahwa layanan dari Apple tersebut melanggar klaim paten atas sistem komunikasi termasuk sistem penyimpanan data lewat pihak kedua. Data Scape kini tengah berupayan agar kasus ini sampai ke pengadilan.

Ternyata bukan cuma Apple yang menjadi sasaran. Ada 14 perusahaan lain yang tercatata juga menerima tuntutan ini, contohnya Amazon, Dropbox, Fujitsu, Pandora, SAP, Spotify, dan Western Digital.

via Apple Insider

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.