Apple Mungkin Akan Hadirkan Touch ID di Layar iPhone

Touch ID adalah fitur otentikasi biometrik dengan menggunakan sidik jadi manusia. Saat ini Apple sudah tak lagi merilis iPhone baru dengan Touch ID, melainkan Face ID yang merupakan fitur otentikasi biometrik berupa wajah manusia.

Meskipun Touch ID bisa dibilang sudah ditinggalkan, namun Apple sepertinya akan berusaha untuk membawa ulang Touch ID ke iPhone terbaru. Caranya adalah dengan cara menyematkan Touch ID di bawah layar.

Hal ini dibeberkan di dalam dokumen aplikasi hak paten yang baru saja dirilis oleh Kantor Trademark dan Hak Paten Amerika Serikat. Paten dari Apple tersebut memperlihatkan Apple berusaha menyematkan Touch ID pada layar dengan membuat sebuah lubang berbayang di layar.

Meskipun paten ini sebenarnya sudah cukup lama dimiliki, namun Apple masih berpikir ulang untuk menggunakan hak paten ini pada generasi iPhone terbaru yang akan datang. Gambar paten ini bagaimana pembaca sidik jari untuk Touch ID ini bekerja.

Teknologi Touch ID di bawah layar ini memiliki ciri yang hampir sama dengan in-display fingerprint yang disematkan pada beberapa smartphone Android. Bedanya Apple ingin Touch ID bisa dipakai di semua bagian layar.

via Apple Insider

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.