Intel: Data Pengguna Aman Meski Mac Terjangkit ZombieLoad

Apple memang diterpa isu akan segera meninggalkan Intel dan merancang dan membuat prosesor Mac sendiri. Salah satu alasannya adalah karena prosesor buatan Intel memang murni buatan Intel dan tak ada kontrol apapun dari Apple.

Apple sejauh ini terbukti sukses merancang prosesor sendiri untuk iPhone, iPad, Apple Watch, Apple TV, dan lain-lain. Sejauh ini cuma Mac saja yang masih menggunakan prosesor dari pihak ketiga, yaitu Intel.

Salah satu kelemahan menggunakan prosesor pihak ketiga adalah minimnya inovasi karena Apple tentu harus memastikan inovasi yang akan dibuatnya di komputer Mac sudah harus didukung oleh prosesor Intel terbaru.

Selain itu, kelemahan lain yang dirasakan Apple adalah rancangan pihak ketiga mungkin saja cacat. Bahkan jika ditemukan kecacatan juga Apple tak bisa langsung memperbaikinya, melainkan tetap harus menunggu kerja sama dengan pihak pembuat.

Dulu ditemukan bug di prosesor Intel berupa Meltdown dan Spectre. Kini ditemukan bug lagi yang mirip, yang diberi nama ZombieLoad. Salah satu dampak buruknya adalah peretas bisa memanfaatkan bug ini untuk mencuri data dari prosesor.

Intel akhirnya memberikan konfirmasi dan meyakinkan pengguna bahwa bug tersebut tidak akan berdampak panjang bila pengguna melakukan update berkala untuk prosesor. Apple dikabarkan sudah merilis mitigasi di update macOS Mojave 10.14.5.

Sebelumnya, serangan bug ZombieLoad pertama kali ditemukan oleh peneliti keamanan internet dan menyerang komputer yang menggunakan prosesor Intel. Bug ini memanfaatkan celah keamanan prosesor Intel dan mampu menyerang semua komputer, baik itu Windows, Mac, hingga Linux.

via Intel

  Apa yang Baru di iOS 12.3 untuk iPhone?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.