Celah Keamanan ZombieLoad Serang Prosesor Intel Mac

Apple termasuk salah satu perusahaan yang sangat menjaga keamanan dari setiap platformnya. Meskipun sudah mengontrol setiap perangkat keras dan perangkat lunak agar senantiasa aman dan bekerja dengan baik, namun kadang kecacatan berasal dari pihak ketiga.

Salah satunya adalah prosesor Intel yang digunakan di komputer Mac. Apple resmi beralih ke prosesor Intel sejak beberapa tahun yang lalu dan terbilang sukses. Namun tetap saja prosesor Intel bukan dirancang dan dibuat oleh Apple.

Sebuah bug baru di prosesor Intel yang digunakan di Mac akhir-akhir ini ditemukan. Bug ini diberi nama ZombieLoad ini memang berasal dari kecacatan prosesor Intel, jadi otomatis bisa menyerang semua komputer yang menggunakan prosesor Intel, baik itu Mac, Windows, hingga Linux. Sementara itu komputer dengan chip AMD dan ARM tidak terinfeksi.

ZombieLoad mampu digunakan oleh peretas untuk mengeksploitasi celah keamanan pada prosesor untuk mencuri data sensitif secara langsung dari prosesor, mirip-mirip dengan bug Meltdown dan Spectre yang pernah terjadi.

ZombieLoad diketahui tidak cuma mampu digunakan untuk menyerang data lokal pengguna tetapi juga pada sistem komputasi awan. Tentu saja hal ini sangat berbahaya. 

Untuk mengatasi masalah ini, tentu saja harus ada kerja sama dengan Intel sang pembuat chip prosesor ini. Apple diharapkan bisa segera merilis perbaikan di update macOS berikutnya.

via TomsGuide

  Apa yang Baru di iOS 12.3 untuk iPhone?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.