Apple baru aja merilis iOS 12.3 dengan beberapa fitur dan aplikasi baru. Buat kamu yang belum update iPhone ke iOS 12.3, silakan cek aja di Software Update. Updatenya berukuran sekitar 500MB untuk di iPhone Xs, dan bisa bervariasi di versi iPhone kamu lainnya. Di video ini saya ulas semua fitur baru iOS 12.3 di iPhone untuk regional Indonesia.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips, info, dan review menarik seputar teknologi setiap hari.

1. Apple TV Baru

Fitur baru yang pertama dan paling utama tentu adalah aplikasi Apple TV yang baru. Sebenarnya ini menjadi tempat bagi pengguna Apple device untuk menikmati hiburan mulai dari film sampai TV streaming. Sayang banget buat kita yang ada di Indonesia, hanya ada Movies saja yang bisa kita tonton — karena layanan Apple TV channel tidak disediakan di Inonesia.

Jadi secara fungsi, aplikasi Apple TV ini sama aja kayak iTunes Movies. Bedanya cuman tampilannya baru, lebih clean dan enak buat touch screen. Navigasi dan eksplorasi juga lebih mudah — karena kamu bisa menemukan banyak kurasi film di bagian homepage, lalu kalo kamu buka halaman film nya, tampilannya jg lebih cantik dan detail. Tombol buy dan rent movie lebih dominan dengan ukuran yang besar, lalu mudah juga menemukan film yang berhubungan, avatar artisnya juga ditampilkan dan bisa kamu tap untuk melihat film apa aja yang pernah mereka mainkan.

Kalo kamu habis nonton film, dan kamu close, maka film tersebut ada di daftar up next, yang kalo kamu tap — bakal otomatis dilanjutin sesuai posisi yang terakhir kali kamu tonton. Dengan mudah kamu juga bisa ngelajutin nonton dari Apple TV widget ya, karena aplikasi Apple TV ini juga juga punya widget.

Overal secara tampilan bisa dibilang Apple TV ini selaras dengan tampilan Apple Music ya, baik secara desain ataupun penataannya. Dan sebenernya cuman itu aja fitur dari aplikasi Apple TV yang baru di Indonesia — dan kamu harus puas dengan absennya fitur Apple TV Channel, jadi gak ada langganan streaming TV ya disini untuk region kita.

2. Apple Music

Beralih ke Apple Music, tab For You sekarang diupdate beberapa kali sehari untuk membuat kamu tetep fresh dengan rekomendasi musik sesuai dengan mood, genre, dan artis yang kamu suka. Jadi beberapa kali sehari mungkin kamu bakal mendapati deretan kurasi musik yang baru disini. Sebelumnya tab For You ini gak sesering itu updatenya, jadi sekarang lebih menarik ya.

3. Airplay 2

iOS 12.3 sekarang juga udah support smart TV yang punya dukungan Airplay-2. Jadi kalo kamu punya smart TV yang support Airplay-2, misalnya di beberapa smart tv terbaru samsung — kamu bisa share video, foto, dan musik dari iPhone untuk dimainkan langsung ke TV.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur baru lain, misalnya ada update di Apple Wallet, dan juga Apple News+, dimana sekarang kamu bisa follow majalah di Apple News+ — tetapi fitur2 baru itu tidak bisa kita nikmati di Indonesia.

Perbaikan

Selain fitur baru ada juga beberapa perbaikan seperti perbaikan di Apple TV Remote yang sebelumnya bermasalah saat buat pause, control video, dan ubah volume — sekarang udah lancar lagi, serta beberapa perbaikan dan patch security lainnya.

Jadi so far tidak banyak hal baru yang bisa kita nikmati di iOS 12.3 karena kita ada di region Indonesia — tetapi buat kamu pengguna iPhone ataupun iPad, wajib banget install update terbaru ini. Sepanjang yang saya gunakan, update ini lancar tanpa masalah, jadi gak perlu ragu untuk melakukan update.

Itulah review iOS 12.3 di iPhone sekaligus penjelasan berbagai fitur baru iOS 12.3 untuk iPhone. Kalo kamu punya pertanyaan atau tambahan, langsung aja sampaikan aja di kolom komentar.