Home iPad Seberapa Penting Prosesor 64 Bit?

Seberapa Penting Prosesor 64 Bit?

Seberapa Penting Prosesor 64 Bit di iPhone?

iPhone memang dikenal sebagai perangkat seluler yang inovatif. Semenjak diluncurkan dengan mengusung layar sentuh dengan memanfaatkan sentuhan jari, beragam inovasi lain sudah diluncurkan. Sebut saja perpanjangan perangkat iOS yang kemudian dinamai iPad dan juga prosesor berarsitektur 64 bit.

Daripada meningkatkan jumlah clock dan core prosesor secara besar-besaran, Apple memilih untuk meningkatkan kualitas prosesor dari 32 bit ke prosesor 64 bit. Hal inilah yang Apple tempuh dari iPhone 5 ke iPhone 5s. iPhone 5s sebagai perangkat seluler pertama yang mendukung prosesor 64 bit. Namun, apa sebenarnya prosesor 64 bit itu?

Seberapa Penting Prosesor 64 Bit di iPhone?

Perbedaan 32 bit dan 64 bit pada dasarnya adalah perbedaan antara seberapa banyak instruksi yang bisa diselesaikan oleh sebuah prosesor tersebut. Itu artinya, secara teori prosesor 64 bit yang memiliki spesifikasi yang sama akan mampu menyelesaikan operasi dua kali lebih cepat dibandingkan dengan prosesor 32 bit.

Perbedaan lainnya adalah prosesor 64 bit memiliki kemampuan untuk mendukung memori yang jauh lebih besar. Meskipun mampu mendukung memori lebih dari 4 GB, manfaat ini sepertinya tidak akan terlalu dirasakan oleh perangkat iOS di masa sekarang ini karena spesifikasi tertinggi iOS sekarang adalah iPad Pro yang “baru” mendukung memori 3GB. Bukan berarti kamu tidak akan mendapatkan kinerja yang lebih lambat karena tidak semua aplikasi juga belum tentu memanfaatkan penuh sistem 64 bit tersebut.

Secepat apa sih prosesor 64 bit yang ada di iPhone? Mengapa tidak meningkatkan core dan clock saja yang jelas-jelas lebih “rasional”? Tentu Apple punya alasan sendiri. Alasan tersebut lebih ke arah masa depan. Meningkatkan jumlah clock dan core prosesor akan berimbas kepada kebutuhan daya untuk menjalankannya. Peningkatan jumlah clock dan core juga belum tentu dimanfaatkan oleh semua aplikasi, dan malah lebih ke arah pemborosan daya saja.

Sebaliknya, arsitektur 64 bit menawarkan peningkatan kecepatan dengan pendekatan yang berbeda. Arsitektur 64 bit lebih dimanfaatkan oleh aplikasi yang membutuhkan eksekusi proses yang lebih cepat, sehingga meskipun aplikasi yang sedang dibuka tidak mendukung fitur 64 bit secara penuh, tidak semua sumber daya digunakan sehingga penggunaan daya lebih efisien.

Selain itu, Apple juga akan memprediksi bahwa kebutuhan aplikasi di masa depan akan semakin mendekati arah pemanfaatan 64 bit. Jadi jika ada aplikasi yang mengharuskan penggunaan prosesor 64 bit, maka aplikasi tidak akan bisa dijalankan di prosesor 32 bit meskipun memiliki jumlah core dan clock yang jauh lebih tinggi. Sebaliknya, aplikasi 32 bit akan tetap bisa berjalan di prosesor 64 bit meskipun mungkin prosesor 32 bit tersebut menawarkan kecepatan yang lebih tinggi.

Jadi, kamu tidak perlu sedih jika iPhone kamu (seri iPhone 5s dan yang lebih baru) masih Dual Core karena sudah mendukung prosesor 64 bit. Prosesor iPhone bisa dibilang salah satu yang terbaik kok. Bahkan iPhone 5s keluaran 2013 masih menawarkan kecepatan yang sangat tinggi di tahun 2016 ini.

Jadi, kamu pilih mana? Prosesor 32 bit berkecepatan tinggi atau prosesor 64 bit?

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode