Apple Diminta Buat API untuk Screen Time dan Parental Control untuk Developer

Para pengembang aplikasi mirip Screen Time dan Parental Control yang memanfaatkan fitur MDM mengeluhkan masalah yang mana Apple langsung mencabut aplikasi mereka di App Store tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Salah satu contohnya adalah aplikasi OurPact. Sang developer OurPact mengatakan bahwa aplikasinya sudah tersedia di App Store selama 4 tahun dan tiba-tiba Apple menghapus aplikasi ini tanpa pemberitahuan lebih dulu.

Apple berkilah bahwa fitur MDM hanya boleh digunakan di kalangan internal perusahaan pengembang saja untuk menguji fitur-fitur tertentu, dan tak boleh dilepas ke publik apalagi dirilis ke App Store.

Hal ini karena MDM memiliki akses yang dalam di sistem. Tentu saja hal ini dianggap Apple melanggar ketentuan aplikasi App Store yang mana tak boleh mengakses terlalu dalam untuk melindungi privasi pengguna.

Meskipun begitu, fitur yang mirip Screen Time dan Parental Control tersebut tentu saja membutuhkan fitur yang bisa mengakses informasi perangkat. Lalu bagaimana solusi mengatasi dilema ini?

Satu-satunya cara adalah Apple harus membuat API khusus yang memungkinkan developer aplikasi untuk bisa menggunakan fitur serupa dan tidak melanggar kebijakan App Store. Jika tidak, maka Apple akan dianggap melakukan monopoli dan membuat kompetisi yang tidak sehat.

via MacRumors

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.