Apple Rilis Standar Baru untuk Aplikasi Mac di Luar App Store

Meskipun Apple sudah merilis App Store di macOS, namun para pengguna Mac dan MacBook masih punya kebebasan untuk mendapatkan beragam aplikasi dan perangkat lunak dari luar Mac App Store.

Tentu saja aplikasi yang didapatkan dari luar Mac App Store tersebut tak harus mengikuti aturan ketat yang harus dipatuhi oleh sang pengembang. Bahkan aplikasi yang menyedot data pengguna juga bisa diinstall.

Berbeda dengan aplikasi dan perangkat lunak yang didapatkan dari Mac App Store. Para pengembang aplikasi harus tunduk kepada aturan main Apple. Jika tidak, maka Apple bisa menarik aplikasi tersebut dari Mac App Store.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Mac App Store adalah lisensi sekali beli untuk satu akun. Misalnya saja kamu punya lebih dari satu Mac, maka dengan akun yang sama kamu bisa install aplikasi tersebut di lebih dari satu Mac dengan cukup menekan tombol Download saja.

Kelebihan lainnya adalah kemudahan pengguna dalam mencari aplikasi. Cukup ketikkan kata kunci di pencarian dan semua aplikasi yang dianggap cocok akan muncul. Selain itu, karena aturan Apple yang ketat juga secara teori aplikasi yang didapatkan dari Mac App Store lebih aman dari program jahat.

Jika kamu pengembang yang lebih suka mendistribusikan aplikasi di luar Mac App Store, kamu wajib perhatikan pengumuman Apple terbaru. Apple diketahui mengirim pesan pada seluruh pemgemabg aplikasi macOS untuk melakukan uji coba dan memenuhi standar baru yang dirilis Apple

Pesan ini diberikan tidak hanya untuk para pengembang aplikasi yang mendistribusikan aplikasinya di Mac App Store tetapi juga di luar ekosistem Apple. Apple memberi nama proses uji coba tersebut “Notarization”.

Apple selalu melakukan cek aplikasi untuk memastikan aplikasi dari para pengembang tetap tunduk pada aturan. Aplikasi yang lolos dan masuk ke App Store kemudian memiliki kode digital saat instalasi. Dengan Notarization, Apple akan menambahkan review dan cek standar dan keamanan aplikasi.

Notarized diprediksi akan menggantikan Gatekeeper yang sudah ada sejak OS X Mountain Lion. Notarized diharapkan sudah diterapkan sehingga pengguna tidak lagi bisa melakukan instal aplikasi sembarangan.

via Computerworld

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.