Apple Hadapi Investigasi Dugaan Monopoli Apple Music

Apple Music adalah layanan streaming lagu dari Apple. Layanan ini secara mengejutkan tidak dirilis secara eksklusif ke platform Apple saja. Melainkan juga dirilis ke platform lain seperti Windows dan Android.

Meskipun begitu, bukan berarti Apple Music tak selamat dari dugaan monopoli. Beberapa hari yang lalu dikabrkan bahwa Apple resmi mendapatkan tindakan tegas dari otoritas antitrust Belanda karena adanya dugaan monopoli pasar yang melibatkan layanan Apple Music.

Fokus paling penting dari investigasi ini adalah adalah pada layanan Apple Music dan juga pada layanan Apple News. Meskipun begitu, tetap masih tidak menutup kemungkinan akan menyasar ke layanan dan juga aplikasi lain yang dimiliki oleh Apple.

Kasus ini bermula dari laporan pihak Spotify kepada European Commission yang menganggap bahwa layanan Apple Music telah melakukan upaya monopoli pasar layanan streaming musik. Penyelidikan dilakukan langsung oleh Authority for Consumers & Markets (ACM) Belanda dengan dugaan pelanggaran terjadi di pasar Eropa.

Menanggapi laporan ini, Apple tentu diharapkan akan secara terbuka mau mengikuti semua proses penyelidikan ini. Apple juga yakin dan percaya bahwa pihaknya memberikan kesempatan yang sama bagi semua pengembang dan penyedia layanan pihak ketiga untuk mengiklankan produknya di platform mereka.

Ternyata bukan cuma layanan Apple saja yang mendapatkan investigasi seperti ini. Layanan lain seperti Google Play Store juga dikabarkan sedang dalam penyelidikan untuk proses tindak investigasi yang sama juga.

Bagaimana menurutmu?

via MacRumors

  Apa yang Baru di iOS 12.2..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.