Penjualan Turun, Pangsa Pasar Mac Alami Kenaikan

Pasar komputer tradisional memang sedang lesu. Bagaimana tidak, pasar komputer kini makin termakan oleh pasar smartphone dan juga tablet, yang mana makin hari makin punya banyak fungsi yang makin menggeser beragam fungsi komputer.

Meskipun pasar PC makin turun, namun komputer tetaplah perangkat yang berbeda jika dibandingkan dengan smartphone dan tablet. PC dan laptop tetap dibeli oleh orang, namun untuk keperluan khusus yang memang masih belum bisa dipenuhi oleh smartphone dan tablet.

Misalnya saja kebutuhan desain grafis, edit foto, edit video, mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi untuk smartphone dan tablet, dan masih banyak lagi. Tentu beragam kebutuhan tersebut paling baik ada di komputer.

Apple sebagai salah satu pemain lawas di dunia komputer juga mengalami nasib yang sama. Komputer Mac dan MacBook mengalami penurunan penjualan. Meskipun begitu, pangsa pasarnya mengalami kenaikan, meskipun cuma 0.1% saja. Hal ini karena banyak produsen juga mengalami penurunan juga.

Penjualan Turun, Pangsa Pasar Mac Alami Kenaikan

Apple masih berkutat di posisi ke-4 sebagai produsen komputer terbesar di dunia dengan pangsa pasar 6.9%. Posisi pertama hingga ketiga berturut-turut masih dipegang oleh HP, Lenovo, dan Dell.

Penurunan penjualan Mac ini juga bisa jadi dipicu oleh banyaknya maslaah di komputer MacBook. Yang paling menonjol adalah masalah keyboard MacBook dengan Butterfly Keyboard, yang mana terbukti mudah sekali rusak.

via IDC

  Laptop Gaming Paling Mahal!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.