Proses Produksi iPhone Terbaru Akan Berlangsung di India

Kementrian Teknologi Informasi India hari ini dikabarkan telah memberikan lampu hijau untuk proses pembangunan pabrik Wistron dengan nilai mencapai $1 juta. Pabrik Wistron itu kabarnya akan segera mulai memproduksi iPhone seri baru di India.

Dilansir dari 9To5Mac, Foxconn selaku salah satu rekanan Apple juga akan segera mempersiapkan rencana serupa untuk produksi beberapa seri iPhone tertentu saja, seperti iPhone XS dan iPhone XS Max. Produksi iPhone di India tentu saja punya dampak yang signifikan.

Pasalnya, pemerintah India memiliki aturan khusus untuk semua produk elektronik yang masuk ke India berupa pajak tambahan. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika proses produksi perangkat elektronik tersebut dilakukan langsung di India. Hal itulah yang membuat para produsen mencoba untuk membangun pabrik mreka di India.

Dengan demikian, harga produk yang dijual di India bisa ditekan, serta membuka lapangan pekerjaan baru di India sana. Hal inilah yang coba dimanfaatkan oleh Apple bersama para rekanannya. Apple memang kurang begitu diterima masyarakat India karena beragam produk Apple dinilai terlalu mahal, serta banyaknya alternatif lain yang lebih baik dari produk Apple di sana.

Sebenarnya sekarang ini Apple sudah pernah ikut aturan main pemerintah India untuk produksi iPhone SE dan iPhone 6s. Hasilnya, harga kedua produk tersebut bisa ditekan hingga 40% jadi lebih murah jika dibandingkan iPhone seri lain yang diproduksi di luar India, karena kena pajak impor.

via MacRumors

  7 Hal Wajib Sebelum Menjual iPhone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.