Apple Akan Segera Adopsi Standar USB4 ke Mac dan MacBook

Standar USB 3.0 dan yang lebih baru seperti USB 3.1 dan USB 3.2 sudah mendominasi pasar. Kini teknologi sudah berkembang dan siap menyambut standar baru, yaitu USB4 (tanpa spasi). The USB Promoter Group kini resmi merilis spesifikasi USB4.

Salah satu fitur baru yang dimiliki oleh USB4 adalah kecepatan transfer data yang jauh lebih besar dari standar sebelumnya. Ya, USB4 akan mendukung transfer data dengan kecepatan tinggi, hingga mencapai 40Gbps, dua kali lebih cepat dari standar USB 3.2 saat ini.

USB4 akan menggabungkan protokol USB dengan Thunderbolt sebagai bagian rencana dari Intel untuk membuat Thunderbolt tersedia secara royalty-free basis agar bisa diadopsi banyak produsen komputer atau laptop di seluruh duina dengan lebih mudah, serta tersedianya beragam aksesoris seperti eGPU dan Thunderbolt Dock dengan lebih murah.

USB4 akan mengusung port USB-C, serta akan bacwards compatible dengan USB 3.2 dan USB 2.0. USB4 ini mirip dengan Thunderbolt 3, namun tersedia secara bebas royalti ke perusahaan yang ingin mengadopsinya. Intel juga akan tetap menyediakan Thunderbolt 3 sebagai standalone basis dengan beberapa kelebihan dibandingkan dengan USB4, seperti dukungan teknis, referensi desain, dan lain sebagainya.

Apple sebagai “pendukung utama” Thunderbolt tentu akan segera mengadopsi standar USB4 baru ini ke komputer Mac dan MacBook terbaru. Apalagi Apple memang sudah sangat berpengalaman dalam “memaksa” pengguna laptop Mac untuk beralih menggunakan Thunderbolt 3.

via MacRumors

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.