Corning Siap Pasok Kaca Fleksibel untuk iPhone Layar Lipat Terbaru Apple?

Corning adalah perusahaan penyuplai kaca untuk smartphone. Apple juga menjadi salah satu pelanggan Corning untuk memasok kaca untuk layar iPhone meskipun di setiap rilis iPhone, Apple tak pernah gembar-gembor mengenai teknologi Gorilla Glass yang dipakai di iPhone.

Corning sendiri kini dikabarkan sedang membuat penelitian mengenai kaca fleksibel. Teknologi kaca fleksibel ini diklaim akan menjadi tulang punggung perlindungan untuk teknologi layar lipat di smartphone, seperti Samsung Display yang dipakai di Galaxy Fold.

Dilansir dari Wired, Corning mengatakan bahwa tantangan terbesar dalam pengembangan dan penelitian ini adalah membuat layar kaca yang fleksibel dan tetap memiliki kekuatan agar tidak mudah rusak. Rencana mereka akan memproduksi layar kaca fleksibel dengan jari-jari lengkungan 3–5 mm untuk layar kaca 0,1 mm.

Dengan rencana penelitian dan pengembanga untuk produk seperti ini, ponsel dengan layar lipat yang menggunakan teknologi kaca dari Corning diklaim akan punya ketebalan sekitar 6mm hingga 10mm saja. Tentu ini adalah hal yang sangat luar biasa.

Corning sekarang ini sudah punya produk bernama Willow Glass yang bisa ditekuk dan dilipat layaknya smartphone layar lipat. Namun Willow Glass belum cocok untuk dipakai di layar smartphone karena komponen penyusunnya ada yang menggunakan garam, yang tentu bisa membuat komponen elektronik kena korosi.

Rencananya akan butuh waktu dua tahun untuk meneliti teknologi layar kaca yang bisa dilipat, maka Apple tentu baru akan bisa mengadopsi teknologi ini di tahun 2020 atau 2021 mendatang.

via Wired

  7 Hal Wajib Sebelum Menjual iPhone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.