Apple Janji Tidak Akan Menjual Data Kesehatan Pengguna

Apple selama ini terkenal sebagai perusahaan yang selalu menjadi yang terdepan dalam hal melindungi privasi pengguna. Ya, berbeda dengan Google, Facebook, dan lain-lain yang tidak ragu menyedot data pengguna demi kepentingan mereka, Apple tak mau mengambil jalan yang sama.

Sebagai gantinya, Apple memilih untuk menjadi “pedagang perangkat keras”, yaitu menjual beragam produk seperti iPhone, iPad, dan Mac sebagai sumber pendapatan utama mereka. Di masa depan, mereka juga akan semakin fokus ke layanan berlangganan.

Biasanya data pribadi yang disedot oleh perusahaan lain adalah data berupa informasi pribadi, riwayat browsing, lokasi, dan lain-lain. Pengguna produk Apple memiliki data lain yang tak kalah penting, yaitu data catatan kesehatan pribadi. Data pengguna yang satu ini akan semakin banyak jika pengguna punya perangkat Apple Watch.

Dalam sebuah wawancara terbaru bersama NPR, Tim Cook selaku CEO Apple menegaskan bahwa Apple akan selalu fokus pada masalah privasi untuk data pengguna, termasuk catatan kesehatan. Apple juga menjamin bahwa informasi yang ada di dalam Health Records tidak akan dijual kepada pihak ketiga manapun.

Aplikasi Health Records jika digunakan di beberapa negara yang mendukung akan bisa menyimpan beragam catatan kesehatan secara lengkap terkait penggunanya. Beragam informasi mulai dari pengobatan yang sedang dilakukan, catatan alergi, daftar dan jadwal kunjungan ke dokter, dan masih banyak lagi.

Karena semua data tersebut adalah sangat penting, Apple tak akan ragu lagi untuk terus menjaga data milik pengguna tersebut dan tidak akan menghubungkan kepada pihak ketiga seperti layanan iklan.

via NPR

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.