Apple Watch Masih Jadi Raja Smartwatch Meski Penjualannya Turun Drastis

Apple Watch bisa dibilang masih belum benar-benar memiliki pesaing yang berarti. Bahkan sampai di kuartal keempat tahun 2018 lalu, Apple Watch masih memegang predikat penguasa pasar smartwatch dengan pangsa pasar 50%. Meskipun begitu, pangsa pasar tersebut sebenarnya sudah turun.

Dilansir dari Strategy Analytics via 9to5mac, sepanjang 2018 lalu Apple berhasil menguasai pasar smartwatch dengan market share 50%, turun drastis dari angka 60.4% di 2017. Meskipun begitu, pangsa pasarnya masih menguasai pasar dunia.

Di bawahnya ada Fitbit dengan 12.7% dan Samsung dengan 11.8% yang berurutan menguasai pangsa pasar kedua dan ketiga di tahun 2018. Keduanya tampil cukup bagus di kuartal keempat tahun 2018 dan mulai mampu memberikan perlawanan ke Apple di pasar smartwatch Apple.

Pengapalan smartwatch global mencatat rekor tertinggi sepanjang masa, yaitu mencapai 45 juta unit di sepanjang tahun 2018 yang lalu. Pertumbuhan smartwatch melonjak karena konsumen berusaha untuk mengakses smartphone tanpa perlu mengakses smartphone secara langsung.

Tentu saja Apple mau tak mau harus mulai berpikir keras agar pangsa pasar Apple Watch tidak semakin tertinggal. Salah satunya adalah melepas ketergantungan iPhone agar Apple Watch bisa dipakai oleh pengguna smartphone Android juga.

via 9to5mac

  7 Hal Wajib Sebelum Menjual iPhone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.