Alat Pembobol Keamanan iPhone Dijual di eBay $100, Tertarik Beli?

Apple adalah salah satu perusahaan yang sangat berpegang teguh dengan perlindungan privasi pengguna. Bahkan permintaan FBI untuk membuka iPhone milik pelaku penembakan juga tidak digubris oleh Apple.

FBI mau tak mau harus menggunakan jasa pihak lain untuk membobol keamanan iPhone berupa passcode. Cellebrite sebagai salah satu perusahaan forensik digital kabarnya adalah pihak yang membantu FBI.

Perangkat buatan dari Cellebrite UFED sejauh ini cuma dijual oleh perusahaan kepada pihak penegakan hukum resmi saja, seperti kepolisian dan bagian riset keamanan digital. Tidak pernah dijual ke publik.

Dilansir dari Forbes, seorang pengguna eBay dilaporkan berhasil menemukan alat pembobo keamanan iPhone tersebut dan dijual bebas dalam kondisi bekas pakai. Harganya juga mulai dari $100 saja.

Dalam percobaan, perangkat tersebut masih bisa digunakan untuk membobol keamanan iPhone dan iPad yang masih menggunakan iOS lawas. Menurut Matthew Hickey, peneliti keamanan dan pendiri Hacker House yang membeli Cellebrite UFED bekas, ia bisa mencari lebih banyak lagi data lain yang masih tersimpan di perangkat.

Cellebrite sendiri kabarnya telah melayangkan pemberitahuan kepada para pelanggan mereka berupa larangan untuk menjual perangkat Cellebrite UFED dalam kondisi bekas pada siapapun.

via Forbes

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.