Apple Menindak Developer yang Merilis Aplikasi Duplikat di App Store

Baru-baru ini Apple menindak developer yang merilis aplikasi VoIP dengan salinan yang sangat banyak. Merilis aplikasi semacam itu tentu saja melanggar App Store Review Guidelines. Namun masih ada aplikasi lain yang memiliki banyak duplikat selain aplikasi VoIP.

Salah satu contohnya adalah aplikasi photo printing MailPix Inc, yang memiliki tiga buah aplikasi berbeda dengan fungsi yang sama. Ketiga aplikasi tersebut dianggap memiliki fungsi yang sama. Akhirnya, Apple juga menindak aplikasi tersebut dan juga aplikasi lain yang diketahui merupakan duplikasi dari aplikasi lain.

Salah satu alasan mengapa developer melakukan hal ini adalah karena developer aplikasi bisa memanfaatkan hal ini untuk merilis apliasi dengan nama berbeda, kategori berbeda, dan juga keyword yang berbeda. Tentu saja hal ini tak terlalu terlihat bagi pengguna.

Apple juga dianggap tidak konsisten dengan aturan main mereka. Tidak ada ketentuan bahwa dengan melakukan pelanggaran yang sengaja seperti spamming seperti akan membuat pengembang aplikasi kehilangan akses akun Developer Program mereka. Hanya ada aturan penghapusan aplikasi yang melanggar saja.

Selain itu, pengguna yang merasa menemukan aplikasi aneh yang sekiranya melanggar juga bisa melaporkannya ke Apple untuk ditindaklanjuti. Meskipun aplikasi di App Store cenderung aman dari program jahat yang bisa merusak sistem, namun aplikasi spam seperti ini kadang bisa lolos dari pantauan Apple.

via MacRumors

  7 Hal Wajib Sebelum Menjual iPhone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.