Cara Mengatasi Wifi No Hardware Installed di Mac dan Macbook

Wi-Fi adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam komputer Mac maupun MacBook. Namun kadang perangkat keras atau hardware Wi-Fi di Mac mengalami masalah sehingga muncul tampilan kesalahan WiFi tidak bisa diaktifkan dan tidak bisa digunakan.

Jika kamu mengalami masalah ini, tenang, kamu bisa coba beberapa tips untuk memperbaiki masalah kesalahan Wi-Fi no Hardware Installed seperti di bawah ini.

 

Restart Mac atau MacBook

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki masalah Wifi no hardware installed adalah dengan melakukan mulai ulang alias restart Mac atau MacBook kamu. Kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Restart membuat komputer Mac dan MacBook mematikan sistem dan membuat sistem dari awal. Beragam bug kecil bisa diperbaiki dengan mudah hanya dengan melakukan restart komputer Mac saja.

 

Masuk atau Boot ke Safe Mode

Jika melakukan restart secara biasa masih belum bisa mengatasi masalah Wifi tersebut, cara lain yang bisa kamu coba berikutnya adalah dengan mencoba boot ke safe mode. Kamu bisa membaca tutorialnya di sini -> Cara Boot dan Masuk Safe Mode di Mac dan MacBook.

Dengan masuk ke safe mode di Mac, maka sistem macOS akan melakukan booting dengan komponen perangkat lunak yang terbatas. Hal ini sangat mudah untuk mengisolasi masalah yang ada.

Jika boot ke safe mode menyelesaikan masalah, maka bisa jadi penyebabnya adalah adanya perangkat lunak atau aplikasi yang menyebabkan Wi-Fi. Kamu harus mencari tahu aplikasi apakah itu secara manual.

 

Reset NVRAM

Cara berikutnya yang bisa kamu coba untuk mencoba memperbaiki masalah WiFi di MacBook adalah dengan melakukan reset NVRAM di Mac milikmu. Kamu bisa baca tutorialnya di sini -> Cara Reset PRAM dan NVRAM Mac dan MacBook.

 

Reset SMC

Cara lain yang bisa kamu coba adalah melakukan reset SMC yang ada di Mac atau MacBook milikmu. Kamu bisa baca bagaimana cara mengatur ulang SMC Mac di sini -> Tutorial Cara Mengatur Ulang SMC di Mac dan MacBook.

 

Install Ulang

Jika semua cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah Wifi no hardware installed di Mac maupun di MacBook kamu, maka cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan jalan install ulang macOS atau OS X di Mac atau MacBook milikmu. Baca ->Cara Install Ulang Mac dan MacBook yang Baik dan Benar.

Jika kamu sudah melakukan semua cara di atas dan masih mengalami kesalahan Wi-Fi, maka bisa jadi WiFi Mac atau WiFi MacBook milikmu memang rusak dan perlu diganti.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.