TSMC Siap Jadi Pemasok Chip 5nm Untuk Apple di 2020

Chip prosesor yang digunakan oleh Apple di iPhone dan iPad menggunakan chip A-Series. Model terbaru saat ini menggunakan fabrikasi 7nm. Meskipun begitu, Apple kabarnya ingin chip dengan fabrikasi yang lebih kecil lagi, yaitu mencapai 5nm di masa depan.

Dilansir dari MacRumors, TSMC disebut- sebut siap menjadi pemasok chip A-Series berikutnya dengan fabrikasi 5nm. Hanya saja, fabrikasi seperti itu diperkirakan baru siap diproduksi di tahun 2020 mendatang. Di tahun 2019 ini, Apple masih menggunakan fabrikasi yang sama dengan tahun 2018 yang lalu.

TSMC sendiri sudah menjadi pemasok eksklusif untuk Apple dalam hal produksi chip A-Series sejak 3 tahun yang lalu. Tepatnya semenjak Apple merilis iPhone 7 di tahun 2016, iPhone 8 dan iPhone X di tahun 2017, dan iPhone XS, iPhone XS, serta iPhone XR di tahun 2018 yang lalu.

Sebelum itu, Apple masih harus berbagi pemasok antara beberapa pemasok sekaliguns, seperti misalnya TSMC dengan Samsung. Bahkan di era iPhone iPhone 6S dulu, chip yang diproduksi oleh Samsung diklaim lebih cepat panas dan tidak lebih cepat performanya dari yang diproduksi oleh TSMC.

Apapun itu, para pengguna sebenarnya tak perlu pusing pusing dengan masalah fabrikasi ini. Yang penting bagi pengguna adalah performa chip tersebut mampu memenuhi semua kebutuhan pengguna beserta semua fitur baru yang membutuhkan performa kencang dari prosesor.

via MacRumors

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.