Apple Siap Perkenalkan Teknologi Universal App pada WWDC 2019?

Apple memang dianggap sangat ngotot untuk tetap tidak melebur sistem operasi iOS dengan macOS. Apple menganggap kedua platform tersebut benar-benar ditujukan untuk jenis perangkat yang benar-benar berbeda dan tidak bisa disatukan.

Namun untuk urusan pengembangan aplikasi, Apple tentu tak menutup kemungkinan untuk merilis teknologi yang memungkinkan para pengembang aplikasi untuk bisa membuat aplikasi universal yang bisa berjalan di iOS dan juga macOS sekaligus.

Apple sudah mengumumkan hal ini di event WWDC 2018 yang lalu meskipun hal tersebut masih sebatas penggunaan internal di lingkungan Apple saja. Apple mengatakan bahwa teknologi ini akan segera dirilis ke publik agar para pengembang aplikasi segera bisa menikmati teknologi ini.

Nah di ajang WWDC 2019 yang akan segera digelar musim panas tahun 2019 ini, Apple disinyalir sudah akan mengumumkan teknologi ini dan akan siap dirilis di update SDK selanjutnya. Biasanya bulan September atau Oktober update SDK baru untuk iOS dan macOS sudah dirilis.

Sejauh ini Apple sudah membuat aplikasi universal untuk beberapa aplikasi buatannya sendiri. Sebut saja aplikasi Home, News, Stocks, dan Voice Memo. Keempat aplikasi tersebut sebenarnya adalah aplikasi iOS yang dirilis ulang dengan teknologi universal app ke macOS.

Semoga saja Apple segera merilis teknologi ini ke publik agar para pengembang aplikasi pihak ketiga semakin mudah untuk membuat aplikasi untuk platform iOS dan juga macOS sekaligus.

via The Verge

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.