Shazam, aplikasi untuk mencari judul lagu yang baru diakuisisi oleh Apple tahun lalu, baru saja mendapatkan sebuah update. Update tersebut berisi perbaikan minor dan menghilangkan semua SDK pihak ketiga yang digunakan oleh aplikasi tersebut.

Kini Shazam iOS tidak lagi menggunakan jaringan iklan, pelacak analitik, atau berbagai utilitas open source ang memberikan potensi mengambil data untuk perusahaan pihak ketiga. Daftar SDK yang dihilangkan antara lain: Admob, Bolts, Doubleclick, FB Ads, FB Analytics, FB login, Inmobi, IAS, MOAT, dan Mopub SDK. Satu-satunya SDK yang tersisa adalah HockeyApp, yang digunakan Microsoft untuk menguji aplikasi layaknya TestFlight milik Apple.

Berbagai SDK pihak ketiga Shazam di Android juga dihilangkan, meskipun masih tetap ada beberapa layanan yang tersisa. Hal ini merupakan kabar baik bagi pengguna Shazam karena banyak iklan yang hilang, lebih aman dari pencurian data, dan aplikasi jadi semakin ringan.

via MacRumors

 

 

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.