Penerbit Majalah Dikabarkan Setuju dengan Pembagian 50% Langganan Apple News

Apple dikabarkan siap merilis beberapa layanan berlangganan baru. Salah satunya adalah layanan berlangganan majalah yang akan segera hadir di Apple News. Untuk menyediakan konten, tentu Apple harus segera bekerja sama dengan para publisher.

Jika hal ini benar, maka tak lama lagi Apple News akan memiliki opsi berlangganan konten majalah dan koran digital. Biaya berlangganan itu sendiri diprediksi akan dipatok dnegan harga $9.99 setiap bulan. Apple juga menawarkan bagi hasil kepada para publisher.

Apple memang akhir-akhir ini kesulitan untuk meyakinkan beberapa penerbit media digital dalam keputusan bagi hasil yang ditawarkan. Bagaimana tidak, bagi hasil yang ditawarkan oleh Apple adalah 50% untuk Apple dan 50% untuk pihak penerbit konten.

Untuk masalah bagi hasil, Apple memilih untuk menggunakan sistem bagi hasil 70:30 untuk App Store, yang mana 70% untuk pengembang atau penerbit aplikasi di App Store, dan sisanya untuk Apple. Sistem bagi hasil 50:50 ini tentu terbilang berat untuk para penerbit.

Metode untuk menghitung sistem bagi hasil ini juga menghitung durasi pengguna dalam membaca artikel atau konten di Apple News. Beberapa media besar dari Amerika Serikat yang kabarnya sudah siap diajak kerja sama adalah Washington Post dan The New York Times.

Apakah layanan berlangganan ini akan tersedia di Indonesia? Entahlah, bisa jadi hanya akan tersedia di beberapa negara saja.

via MacRumors

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.