Apple Minta Developer Jelaskan Penggunaan Screen Recording untuk Analitik

Beberapa waktu yang lalu, terungkap beberapa aplikasi pihak ketiga di App Store menggunakan perekam layar atau screen recording untuk mematai-matai penggunaan aplikasi oleh pengguna iOS. Kini Apple meminta developer untuk memberiakn penjelasan.

Hal ini tentu saja wajar karena Apple dikenal sebagai salah satu perusahaan yang menjunjung tinggi masalah privasi pengguna. Apalagi penggunaan fitur perekaman layar ini terbilang kurang mematuhi aturan di App Store Review Guidelines.

Salah satu hal yang dianggap melanggar adalah kurangnya penjelasan kepada para pengguna terhadap penggunaan fitur screen recording tersebut. Aplikasi merekam aktivitas layar tanpa sepengetahuan pengguna. Tentu saja pencurian data pengguna bisa terjadi di sini.

Tool analitik yang digunakan untuk merekam layar juga menggunakan layanan pihak ketiga dari Glassbox. Beberapa aplikasi yang menggunakan tools analitik ini antara lain Abercrombie & Fitch, Hotels.com, Air Canada, Hollister, Expedia, dan Singapore Airlines.

Jika permintaan Apple ini tak dipenuhi hingga dalam waktu yang ditentukan oleh Apple, maka bukan tidak mungkin aplikasi mereka akan segera ditarik dari App Store oleh Apple.

Bagaimana? Apakah kamu menggunakan aplikasi- aplikasi tersebut?

via Apple Insider

  Laptop Gaming Paling Mahal!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.