Privasi Baru Safari di 12.2 Bisa Cegah Akses Motion Data

Safari adalah web browser buatan Apple yang dipakai di berbagai platform buatannya, seperti iOS dan juga macOS. Safari dulu tersedia di platform Windows, namun kini pengembangannya sudah dihentikan meskipun kamu masih bisa install Safari lawas di Windows.

Safari terbaru yang sedang dikembangkan oleh Apple adalah Safari 12.1. Saat ini statusnya masih Beta dan belum dirilis ke publik. Safari ini sedianya akan tersedia di update iOS 12.2 yang statusnya saat ini juga masih Beta dan belum dirilis resmi ke publik.

Sebagai perusahaan yang selalu melindungi privasi pengguna, Apple memang selalu meningkatkan keamanan Safari. Dalam Safari terbaru yang ada di update iOS 12.2 Beta, Safari bisa cegah akses Motion Data yang ada di perangkat iPhone dan iPad.

Keputusan Apple ini memang baik, namun bisa mengancam pengalaman pengguna dalam menikmati konten dari situs web berbasis AR atau VR. Fitur ini akan aktif secara default tanpa sepengetahuan pengguna.Untungnya fitur ini bisa dimatikan secara manual oleh pengguna.

Sebelumnya memang pernah ada isu bahwa hacker bisa menggunakan script tertentu untuk merekam aktivitas penggunaan perangkat berdasarkan gerakan, orientasi perangkat, dan lain sebagainya. Apple sepertinya ingin mencegah penggunan akses Motion and Orientation Access ini.

via The Verge

  Apa yang Baru di iOS 12.2..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.