iOS 13 Tidak Akan Support iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S

Apple merilis update iOS 12 ke semua iPhone dan iPad yang mendukung iOS 11. Bahkan kinerja iOS 12 di perangkat lawas semacam iPhone 6 dan iPhone 5S terbilang sangat baik, lebih baik dari ketika masih menggunakan iOS 11. Lalu bagaimana dengan iOS 13 nanti?

Buat kamu pengguna iPhone lawas mungkin kabar ini kurang bagus untuk kamu. Pasalnya dilansir dari MacRumors, sebuah sumber mengungkapkan bahwa update iOS 13 yang akan diperkenalkan Apple tahun ini tak akan mendukung iPhone lawas.

Tak tanggung-tanggung, Apple kabarnya akan menghentikan dukungan update iOS 13 di iPhone dan iPad keluaran tahun 2015 dan yang lebih lawas. Itu artinya, iPhone 6s, iPhone 6, dan iPhone 5s tak akan dapat update iOS 13. Beragam perangkat lain seperti iPhone SE, iPad Air, iPad Air 2, dan semua iPad Mini otomatis juga tak akan dapat iOS 13.

Keputusan Apple ini mungkin saja untuk mendongkrak penjualan iPhone dan iPad baru. Seperti yang kita ketahui, penjualan iPhone di tahun 2018 yang lalu terbilang lesu. Salah satunya adalah karena perangkat iOS lawas masih mendapatkan update iOS terbaru. Hal ini membuat banyak orang malas untuk upgrade.

Untuk saya pribadi, keputusan Apple untuk menyudahi support untuk iPhone dan iPad dengan RAM 1GB masih masuk akal. Namun iPhone dan iPad dengan memori 2GB semacam iPhone 6S, iPhone SE, iPad Air 2, dan iPad Mini 3 dan 4 sepertinya agak berlebihan.

Bahkan menurut saya, sebenarnya iPhone 5S masih mungkin untuk menerima update iOS 13 jika hanya dilihat dari sisi performa. Buktinya iOS 11 yang terbilang lemot juga masih lumayan lancar di iPhone 5S. Tapi apa mau dikata, keputusan Apple sepertinya bukan karena masalah performa, tetapi lebih ke masalah finansial untuk mendorong orang-orang membeli produk baru.

Via MacRumors

  Apa yang Baru di iOS 12.3 untuk iPhone?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.