Benarkah AirPods Bisa Menyadap Obrolan Pengguna?

Earphone nirkabel buatan Apple, AirPods adalah salah satu solusi serta inovasi Apple dalam menyediakan aksesoris earphone untuk perangkat yang tidak lagi mendukung headphone jack, seperti iPhone 7.

AirPods waktu itu memang dianggap sebagai salah satu aksesoris yang sangat inovatif. Meskipun AirPods sering dianggap sebagai sebuah EarPods nirkabel belaka, dan dianggap mudah jatuh dan hilang.

Selain kekurangan di atas, AirPods ternyata juga dianggap rentan di sisi keamanan. Dilansir dari Digital Trends, AirPods ternya bisa dipakai untuk menguping pembicaraan orang lain dari jarak jauh.

Usut punya usut, ternyata ini adalah fitur Live Listen yang hadir pada iOS 12. Penguna Twitter dengan nama pengguna @arnoldcrndo yang pertama kali menemukannya. Dia menjelaskan cara AirPods bisa menguping pembicaraan pengguna.

Caranya cukup menyalakan fitur Live Listen di iPhone ketika AirPods tersambung ke iPhone. Setelah itu, pengguna bisa mendengarkan semua suara yang terekam dari iPhone dan didengar di AirPods.

Fitur “Live Listen” ini pertama kali hadir di iPhone lewat update iOS 12 beberapa waktu yang lalu. Fungsi dari fitur ini sebenarnya adalah membuat pengguna bisa mendengar suara yang lebih jelas dalam lingkungan yang bising.

Meskipun begitu, tutorial yang diberikan Arnold tersebut juga ditanggapi oleh beberapa orang, yang mengatakan bahwa fitur ini bisa disalah gunakan.

Bagaimana menurutmu mengenai fitur ini?

via Digital Trends

  Penggemar Gadget Wajib Tau!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.