Apple Pertimbangkan Modem 5G dari Samsung, MediaTek, dan Intel

Apple dan Qualcomm memang sudah beberapa waktu yang lalu saling sikut di pengadilan. Perseteruan yang tiada akhirnya ini membuat Apple beralih dari menggunakan chip modem buatan Qualcomm ke chip modem buatan produsen lain, seperti Intel.

Ketika teknologi 5G siap dalam beberapa wkatu ke depan, Apple juga disinyalir tak akan menggunakan chip modem buata Qualcomm lagi. Sebagai gantinya Apple akan menggunakan chip modem buatan produsen lain. Pertimbangannya adalah chip modem 5G dari Samsung, Intel, dan MediaTek.

Informasi ini tentu saja cukup berlawanan dengan informasi yang sering muncul sebelumnya yang mengatakan bahwa Apple akan menggunakan chip Intel untuk iPhone 5G secara eksklusif, seperti yang pernah Apple lakukan bersama dengan Qualcomm sebelum perseteruan Apple dan Qualcomm dimulai.

Qualcomm secara eksklusif akan menjadi produsen chip modem untuk iPhone. Namun semenjak kisruh, Apple mulai membagi produksi chip modem iPhone ke Intel. Pelan tapi pasti, Apple benar-benar meninggalkan Qualcomm dan sepenuhnya beralih ke Intel.

Apple mencoba melakukan diversifikasi produksi chip modem ke beberapa produsen seperti Samsung, Intel, dan, MediaTek. Kabarnya dulu Apple pernah punya minat untuk usaha diversifikasi seperti ini, namun terlanjur menandatangani perjanjian eksklusif dengan Qualcomm.

Kapan iPhone 5G pertama hadir? Belum pasti. Teknologi 5G juga belum diimplementasikan di level consumer atau publik. Teknologi ini masih diuji coba di kalangan terbatas. Apple juga kabarnya tak akan buru-buru menerapkannya, meskipun beberapa produsen smartphone Android berebut untuk siap menjadi yang pertama.

Kita lihat saja seperti apa chip modem 5G iPhone yang akan datang.

Via MacRumors

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.