Di tahun 2019 ini saya punya beberapa tips iPhone pilihan yang menarik untuk kamu coba. Belum semua pengguna tahu trik iPhone ini, terlebih pengguna baru — jadi pastikan jangan sampe ada yang kamu lewatkan!

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

1. Mode Trackpad

Pertama adalah mode trackpad. Jadi kalo kamu ngetik di iPhone, keyboard iPhone bisa diubah jadi trackpad. Ini sering saya pake waktu ngetik kerjaan lewat iPhone, atau ngetik sesuatu yang panjang di iPhone. Cukup tap tahan aja tombol spasi — atau kalo iPhone kamu support 3D touch, tinggal tekan dikit di posisi mana aja, dan keyboard bakal langsung berubah jadi trackpad. Kamu bisa gerakkan kursor kemana aja yang kamu mau, terus bisa juga block teks dengan cara lepas dikit terus tekan lagi. Intinya dengan cara ini keyboard bakal langsung jadi trackpad, memudahkan banget untuk nempatin kursor saat ngetik panjang lewat iPhone.

2. Dark Mode

Kedua, kamu bisa mengaktifkan Dark Mode di iPhone dengan tekan tombol samping 3x. Keren kan? Kamu bisa manfaatin tampilan ini untuk baca di malam hari — atau diaktifkan saat baterai low-bat, ini karena iPhone X dan Xs series pake AMOLED display, jadi kalo gelap begini jadi lebih hemat baterai. Sebenarnya ini bukan dark mode beneran, karena nggak tau kenapa Apple masih belum menanamkan Dark Mode di iOS — padahal di Mac sudah ada. Tetapi disini kita memanfaatkan fitur smart invert yang dikombinasikan dengan shortcut. Buka aja Settings > General > Accessibility > dan di paling bawah ada acccesibility shortcut > pilih aja Smart Invert. Kalo udah, dengan tiga kali tekan tombol samping, tampilan Dark Mode bakal aktif!

3. Text Replacement

Ketiga ini kalo kamu sering ngetik sesuatu yang panjang dan berulang-ulang, misalnya penjual online yang sering ngetik nomor rekening atau sering harus ngirim alamat lengkap, kamu bisa manfaatin fitur Text Replacement. Jadi misalnya saya ketik nobca, ini bakal langsung diganti otomatis jadi nomor rekening BCA saya. Ini hemat waktu dan efisien. Kamu bisa atur aja Text Replacement nya di Settings > Keyboard > Text Replacement, dan masukkan saja kata yang kamu inginkan. Misalnya saya ketik kirimkurir, otomatis langsung alamat rumah yang diketikkan. Mantap kan?

4. Dua Face ID

Keempat kalo kamu pake iPhone dengan Face ID seperti iPhone X atau Xs, kamu bisa mendaftarkan dua wajah, satu wajah utama dan satu wajah alternatif. Kamu bisa daftarkan di Settings > Face ID & Passcode > lalu pilih Set Up an Alternate Appearance. Sebenarnya fitur ini dipakai untuk wajah orang yang sama tapi beda penampilan, misalkan satunya wajah kamu habis bercukur, dan satunya lagi wajah saat berkumis, tujuannya agar Face ID bisa detect meskipun ada perubahan di penampilan kamu. Tetapi kamu bisa juga memanfaatkannya untuk wajah orang lain, saya udah coba dan berhasil, misalnya wajah istri atau adik, atau pacar, atau mantan, terserah. Jadi selain kamu, mereka juga bisa akses iPhone pake Face ID.

5. Shake Undo

Kelima, ini nggak banyak yang tahu juga. Jadi kalo kamu ngetik, terus salah, kamu bisa shake aja iPhone untuk undo. Jadi misal ngetik salah, goyangkan aja iPhone, popup undo akan muncul.

6. Scan QR Code

Keenam ini belum semua nyadar kalo kamera iPhone bisa dipake langsung utk baca QR code. Jadi beberapa orang masih ke app store dan install aplikasi QR code reader, padahal kamu tinggal arahkan aja kamera iPhone ke QR code dan iPhone bakal langsung ngebaca QR code itu tanpa bantuan aplikasi apapun.

7. Simbol Cepat

Ketujuh, biasanya pengguna iPhone kalo mau masukin simbol atau angka, meskipun itu cuman satu, bakal tap tombol switcher, pilih simbolnya, lalu balik tap switcher lagi. Ada 3x tap. Sebenarnya kalo kamu cuman pengen masukin satu angka atau satu simbol aja, cukup tap tahan aja switcher nya, lalu geser ke simbol yang ingin kamu masukin, selesai. Keyboard bakal otomatis balik ke mode huruf lagi. Lebih cepat.

8. Caps Lock

Kedelapan, biasanya pengguna iPhone, apalagi pengguna baru, kalo ngetik caps lock, bakal di tap shift satu per satu untuk masing-masing huruf. Tap tahan tombol shift juga gak ngaruh. Tetapi sebenarnya di iPhone, kamu tinggal tap aja dua kali, dan caps lock akan aktif, sehingga apapun yang kamu ketik otomatis ditulis dalam huruf besar.

9. Type to Siri

Kesembilan, biasanya kita males ngajak ngomong Siri. Pertama mungkin karena Siri sulit mengenali aksen dan pelafalan kita saat memberi perintah dalam Bahasa Inggris, atau kedua karena emang males aja ngomong sendiri sama hape kayak orang jones. Tetapi sebenarnya kamu bisa memerintah Siri tanpa pake suara, tetapi pake ketikan. Caranya tinggal buka aja Settings > General > Accessibility > Siri > dan aktifkan Type to Siri. Sekarang kamu bisa buka Siri dan perintah aja pake ketikan.

Extra Control Button

Kesepuluh ini di control center, sebenarnya masih ada cukup banyak fitur berguna, yang nggak semua pengguna iPhone tahu. Kamu bisa cek di Settings > Control Center > kemudian customize control > disini kami bisa liat ada beberapa fitur ya, ada magnifier, lalu screen recording, scan QR code, dan masih banyak lagi. Untuk magnifier misalnya, ini kayak kaca pembesar, jadi kalo butuh zooming sesuatu dadakan, bisa manfaatin fitur magnifier ini.

Oke itu dia 10 tips iPhone terbaik yang beberapa diantaranya tersembunyi dan gak diketahui oleh pengguna baru — bahkan mungkin juga pengguna lama nggak tahu. Tulis aja di kolom komentar kalo kamu punya tips menarik lainnya. Sampai ketemu lagi di tips iPhone menarik lainnya!