Jailbreak iPhone Makin Tak Populer, Cydia Store Tutup

Jailbreak adalah istilah yang sudah sangat umum sekali di kalangan pengguna iPhone di masa lalu. Hal ini karena para pengguna banyak yang merasa bahwa sistem operasi di iPhone ini sangat kaku dan tidak fleksibel.

Ya, pengguna tidak bisa mengganti tampilan iPhone selain mengganti wallpaper saja, tidak bisa menggunakan ringtone dari musik sendiri, tidak bisa kirim file dengan menggunakan Bluetooth, dan masih banyak lagi.

Trik untuk mengatasi berbagai macam keterbatasan ini adalah dengan melakukan jailbreak. Dengan menggunakan jailbreak, maka berbagai batasan di iOS bisa hilang dan pengguna bisa melakukan berbagai macam kemungkinan yang tidak bisa dilakukan sebelumnya.

Namun iOS semakin lama semakin baik saja. Berbagai macam fitur yang sebelumnya cuma ada di versi Jailbreak iPhone kini sudah mulai hadir di iOS secara resmi. Sebut saja AirDrop, ganti ringtone, tampilan wallpaper dinamis, Night Shift, dan lain sebagainya.

Banyak yang memprediksi bahwa makin lama iPhone jailbreak akan semakin tidak populer. Benar saja, berbagai layanan repositori jailbreak satu per satu hilang. 2 repository terkenal di Cydia yaitu ModMy dan ZodTTD/MacCiti resmi tutup.

Lebih buruk lagi, kabar terbaru dari Jay Ryan Freeman alias Saurik, mengumumkan bahwa Cydia Store, tempat mendapatkan berbagai macam tool tweak jailbreak resmi ditutup.

Sejauh ini baru layanan pembayaran di Cydia Store saja yang sudah ditutup. Dia juga mengatakan bahwa melakukan maintenance Cydia Store sudah menghabiskan cukup banyak uang tanpa memberikan keuntungan yang sepadan.

Meskipun hal ini belum tentu benar-benar membuat dunia jailbreak iPhone lenyap, namun kita sudah melihat satu per satu tanda bahwa jailbreak iPhone sudah semakin tidak menarik lagi sekarang.

via Engadget

  Hape Apa Lagi Ini..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.