Hindari Qualcomm, Apple Alihkan Produksi iPhone ke Pegatron

Perseteruan Apple dan Qualcomm memang makin panas. Terbaru adalah, Qualcomm menuntut Apple karena dianggap melanggar hak paten dalam hal mekanisme yang ada di dalam platform iOS.

Pengadilan di China akhirnya memberikan kemenangan untuk Qualcomm. iPhone juga akan diancam dilarang dijual di China jika Apple masih belum mau berdamai dengan Qualcomm. Apple bisa saja memberikan software update, namun diprediksi Apple tetap perlu waktu untuk melakukannya.

Selain solusi dengan software update, Apple juga dikabarkan akan memindahkan produksi iPhone model lawas dari Foxconn ke Pegatron yang ada di Taiwan untuk menghindari kerugian yang lebih besar akibat perang dengan Qualcomm.

Produksi iPhone yang diproduksi oleh Pegatron akan aman dari tuntutan Qualcomm karena Pegatron sudah membayar lisensi dari software yang sedang diperkarakan oleh Qualcomm dan Apple. Foxconn dan Wistron kabarnya tidak membayar lisensi tersebut.

Sekedar informasi, Pegatron adalah salah satu perusahaan yang dipercaya Apple untuk menjadi rekanan dalam hal perakitan iPhone beberapa waktu yang lalu mengumumkan akan segera memindahkan sebagian pabrik produksinya ke Indonesia.

Meskipun begitu, sepertinya unit perakitan iPhone tidak akan dipindahkan ke Indonesia. Tujuan Pegatron memindahkan sebagian produksinya ke Indonesia adalah untuk menekan efek dari perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat.

via Nikkei Asian

  Hape Apa Lagi Ini..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.