Perakit iPhone, Pegatron Akan Pindah Pabrik ke Indonesia Secepatnya

Perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok membuat berbagai barang yang diimpor dari Tiongkok ke Amerika Serikat mengalami peningkatan harga. Tentu hal ini tak bagus untuk pasar.

Salah satu upaya adalah para pengekspor barang dari Tiongkok ke Amerika Serikat tersebut harus membangun pabrik mereka di luar Tiongkok. Salah satunya adalah Foxconn dan Pegatron.

Foxconn dan Pegatron adalah dua rekan Apple yang mendapatkan permintaan dari Apple untuk merakit iPhone. Selain merakit iPhone, Foxconn dan Pegatron tentu saja melayani permintaan dari perusahaan lain, tak cuma Apple saja.

Dilansir dari Nikkei, untuk mengakali kenaikan harga akibat produksi barang di China, Foxconn dan Pegatron memindahkan pabrik mereka ke luar Tiongkok. Foxconn kabarnya memilih Vietnam, sementara Pegatron memilih Indonesia.

Kawasan Asia Tenggara memang dikenal sebagai daerah dengan biaya tenaga kerja yang relatif murah di antara semua negara di Asia. Selain itu, kawasan ini juga letaknya tak jauh dari Tiongkok. Tak heran jika mereka memilih kawasan Asia Tenggara.

Proses investasinya diprediksi akan dimulai secepatnya, paling lambat bulan Januari 2019 mendatang.Pegatron dikabarkan juga butuh waktu 2 kuartal untuk proses pemindahan, instalasi, dan sertifikasi peralatan di pabrik sebelum bisa benar-benar beroperasi di Indonesia.

Apakah dengan pemindahan Pegatron ini juga akan berpengaruh kepada harga iPhone yang dijual secara resmi di Indonesia? Kita tunggu saja.

Bagaimana menurutmu mengenai berita ini?

via Nikkei

  Review + Giveaway Headphone Bluetooth!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.