Fitur ECG di Apple Watch Sudah Selamatkan Nyawa Pengguna

Apple Watch Series 4 dilengkapi dengan fitur ECG yang tidak ada di seri Apple Watch sebelumnya. Fitur ini membuat Apple Watch Series 4 bisa merekam aktivitas kelistrikan jantung dan menampilkan datanya secara langsung dari Apple Watch.

Meskipun Apple Watch Series 4 sudah dirilis beberapa bulan yang lalu ke pasaran, namun fitur ECG baru bisa digunakan di update watchOS 5.1.2 yang dirilis ke publik kurang dari seminggu yang lalu.

Dilansir dari BGR, fitur ECG ini sudah berhasil menyelamatkan nyawa pengguna ketika fitur ECG ini baru sehari dirilis ke publik. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Seorang pengguna Apple Watch Series 4 memperbarui watchOS ke versi terbaru. Ketika fitur ECG sudah aktif, Apple Watch miliknya menunjukkan hasil deteksi jetak jantung dari ECG dan menampilan informasi atrial fibrillation dengan detak jantung yang tidak normal.

Selanjutnya pengguna tersebut langsung pergi ke dokter dan meminta pengecekan lebih lanjut. Ternyata hasil dari pengecekan tersebut memang mirip dengan apa yang ditampilkan di Apple Watch. Perlu penanganan secepatnya, dan penanganan ini membutuhkan dokter spesialis.

Meskipun Apple memberikan dukungan ECG, ternyata tidak semua pengguna di semua negara bisa menggunakannya. Ada berbagai macam persyaratan yang harus dilalui oleh Apple agar fitur ECG ini bisa disetujui untuk digunakan di suatu negara.

Sejauh ini baru Amerika Serikat saja yang sudah bisa menggunakannya. Apple juga memastikan bakal ada lebih banyak negara yang mendukung fitur ini, meskipun tak bisa memastikan negara mana saja. Apakah Indonesia juga?

via BGR

  Hape Apa Lagi Ini..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.