Foxconn Akan Pindah Pabrik iPhone dari China ke Vietnam?

Foxconn adalah salah satu rekanan Apple yang membantu Apple dalam produksi iPhone. Pabrik ini ada di China atau Tiongkok, sementara itu Apple adalah perusahaan asal Amerika Serikat.

Perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok ternyata juga berdampak pada harga iPhone. Harga iPhone bisa jadi lebih mahal, tergantung dari kesepakatan tarif yang disetujui kedua negara.

Foxconn mulai khawatir dengan situasi ini. Bahkan Foxconn dikabarkan siap memindahkan pabrik perakitan iPhone dari Tiongkok ke Vietnam. Diskusi ini dilakukan dengan Komite Rakyat Hanoi. Langkah ini bisa dibilang adalah persiapan menghadapi perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok yang semakin panas.

Membuat pabrik baru di Vietnam dengan skala besar adalah tantangan berat bagi Foxconn. Beberapa kendala akan dihadapi, seperti infrastruktur yang lebih kecil dan jumlah tenaga kerja yang lebih sedikit.

Meskipun begitu, pabrik Foxconn di Tiongkok ini bukan satu-satunya karena mereka memiliki pabrik yang tersebar di beberapa negara. Misalnya saja di Brazil dan India yang memang merupakan salah satu persyaratan lokal di sana.

Di Indonesia sendiri, harga iPhone yang dijual resmi di sini termasuk mengalami peningkatan yang lumayan. Bayangkan saja, iPhone XR dijual dengan harga $749 yang jika dikonversi ke rupiah tak lebih dari Rp 11 juta, namun nyatanya dijual dengan harga Rp 15 jutaan.

Bagaimana menurutmu mengenai perang dagang ini?

via Reuters

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.