Ada Aplikasi Heart Rate Palsu Seharga $90 di App Store

Aplikasi Heart Rate atau pendeteksi detak jantung memang bukanlah aplikasi baru. Meskipun tidak dilengkapi dengan sensor mendeteksi detak jantung, berbagai aplikasi bisa memanfaatkan kamera iPhone untuk mendeteksi detak jantung.

Salah satu contohnya adalah aplikasi Withings yang mendeteksi detak jantung dari denyut nadi di jari. Caranya adalah dengan menempelkan jari ke kamera, yang mana kamera akan mengatur lampu flash aktif. Denyut nadi akan terdeteksi di kamera, dan akan dihitung oleh aplikasi.

Nah ada salah satu aplikasi di App Store yang ternyata menipu, alias Scam. Aplikasi tersebut mengaku sebagai aplikasi yang memiliki fitur mendeteksi detak jantung.

Lucunya, aplikasi tersebut tidak mendeteksi detak jantung dari kamera, apalagi dari sensor detak jantung. Namun pengguna diharuskan untuk menempelkan jari di tombol Home, alias sensor Touch ID.

Sebenarnya aplikasi tersebut tidak mendeteksi apapun, tetapi menipu pengguna dengan mengatakan bahwa detak jantung bisa dideteksi dengan menempelkan jari ke Touch ID. Tahukah kamu apa yang akan terjadi selanjutnya?

Ya, aplikasi akan melakukan otorisasi pembayaran App Store. Tidak main-main, harganya bisa mencapai $90. Tentu pengguna yang tak paham pasti akan percaya saja dengan perintah yang muncul di aplikasi tersebut.

Untungnya, aplikasi tersebut sudah dibabat habis oleh Apple karena banyak orang yang melaporkannya. Untuk kamu pengguna aplikasi di App Store, ada baiknya tetap berhati-hati sebelum menggunakan aplikasi tertentu.

via 9to5mac

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.