Diancam Boikot iPhone, Apple Setujui Filter SPAM dari Pemerintah India

Regulator telekomunikasi India, TRAI, pada awal tahun 2018 ini memberikan perintah ke Apple untuk menyetujui teknik filter spam yang diminta pemerintah India untuk diimplementasikan ke iPhone.

Jika Apple tak menyetujui permintaan tersebut, maka iPhone akan terpaksa di-banned di India. Tentu saja Apple tak ingin iPhone dilarang di India, di sisi lain juga Apple tak ingin iPhone juga ikut diotak atik oleh pihak ketiga.

Tak ada pilihan lain selain memenuhi permintaan tersebut. Kini Apple berhasil memenuhi permintaan pemerintah India tersebut dengan merilis aplikasi bernama “TRAI DND – Do Not Disturb” khusus untuk iPhone di India. Kamu bisa cek halaman App Store ini.

Metode yang sama juga dipakai untuk smartphone Android. Pemerintah India ingin agar aplikasi Do Not Disturb ini bisa tersedia di Google Play Store dan bisa dipakai oleh semua smartphone Android yang dijual di sana.

Berbeda dengan smartphone Android yang mudah implementasinya, meminta Apple melakukan hal ini ke platform iOS di iPhone tentu tak semudah mengimplementasikannya di Android.

Pertama, Apple punya kontrol ketat untuk iPhone dan juga platform iOS yang digunakan di iPhone, iPad, dan juga iPod Touch. Kedua, aplikasi iOS yang diminta pemerintah India juga memerlukan “fitur khusus” yang bisa mengakses sistem, khususnya masalah privasi pengguna.

Apple terus melakukan negosiasi dengan pemerintah India mengenai aplikasi tersebut agar juga tetap mematuhi filosofi Apple yang tetap akan melindungi privasi pengguna apapun yang terjadi.

via VentureBeat

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.