Apple Hentikan Jalur Downgrade ke iOS 12.0.1

iOS 12.1 sudah dirilis beberapa minggu yang lalu, dan sejak tulisan ini dibuat, iOS 12.1 adalah versi iOS paling baru untuk pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch yang mendukung iOS 12.

Seperti biasa, Apple selalu menutup jalur downgrade ke iOS sebelumnya jika Apple merasa iOS terbaru sudah stabil dan tidak memiliki banyak keluhan. Kini salah satu versi iOS lawas sudah resmi ditutup jalur downgradenya oleh Apple.

Versi iOS yang resmi ditutup jalur downgradenya oleh Apple kali ini adalah iOS 12.0.1. Versi iOS 12.0.1 ini adalah update tepat sebelum update iOS 12.1. Dengan demikian, pengguna yang sudah update ke iOS 12.1 tidak akan lagi bisa melakukan downgrade ke iOS apapun.

Menurut saya hal ini sangat wajar, mengingat iOS 12.1 memang tidak banyak keluhan seperti update iOS sebelumnya. Bisa dibilang, iOS 12.1 ini sudah sangat minim bug.

Upaya ini juga merupakan usaha Apple untuk mendorong pengguna agar tetap menggunakan iOS versi paling baru yang sudah dirilis ke publik.

Buat kamu yang belum update ke iOS 12.1, kamu bisa melakukannya kapan saja selama iOS yang lebih baru dari iOS 12.1 belum dirilis. Namun ketika kamu sudah install iOS 12.1, kamu sudah tidak akan bisa lagi melakukan downgrade ke iOS lawas lagi.

via MacRumors

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.