Inilah 5 Alasan iPad Pro Bisa Gantikan PC Tradisional

Sudah bukan hal baru lagi jika Apple memang sering berkoar-koar bahwa iPad bisa menggantikan PC desktop atau laptop. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah PC dan laptop Windows. Di iPad Pro 2018 terbaru tersebut, tampaknya hal tersebut semakin terlihat.

Apple merilis iPad Pro 2018 dengan desain baru dan juga berbagai macam fitur baru. Salah satu yang paling diunggulkan adalah performa yang sangat luar biasa, bahkan setara dengan MacBook Pro terbaru.

Hal inilah yang membuat berbagai macam software kelas desktop seperti Adobe Photoshop, AutoCAD, dan lain-lain mau menyambangi platform iOS, khususnya agar bisa berjalan di iPad. Software-software tersebut benar-benar software kelas desktop dengan fitur yang sangat kompleks ya, bukan aplikasi mobile biasa yang ringan dan memiliki fitur ringkas.

Kini Apple resmi merilis iklan baru yang menjelaskan 5 alasan iPad Pro bisa menjadi komputer utama, menggantikan PC desktop dan laptop tradisional. Lalu apa saja sih alasannya? Bisa kamu tonton di bawah ini.

Performa Tinggi

Performa tinggi adalah hal pertama yang digembar-gemborkan oleh Apple. Wajar saja, karena hasil benchmark iPad Pro 2018 setara MacBook Pro terbaru. Tentu hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja oleh para pembuat PC dan laptop pada umumnya.

Mungkin kamu berpikir bahwa selain prosesor yang kencang, penggunaan sistem operasi mobile seperti iOS tentu lebih ringan ketimbang sistem operasi desktop seperti Windows 10. Mungkin ada benarnya, tetapi masalahnya, berbagai software kelas desktop seperti Adobe Photoshop, AutoCAD, dan lain-lain menyatakan akan secara resmi hadir ke iOS dan bisa dijalankan di iPad dengan lancar.

Jika semakin banyak software kelas desktop dirilis ke iPad, maka tentu saja ini bisa jadi ancaman untuk PC dan laptop tradisional.

 

Satu Perangkat, Banyak Fungsi

PC dan laptop tradisional fungsinya ya cuma itu-itu saja, tetapi iPad memiliki fungsi yang lebih banyak. Kamu bisa gunakan sebagai scanner, kamera portabel, ebook reader yang lebih nyaman, editing video, music studio, bahkan bekerja dengan Microsoft Office.

 

Lebih Mudah Terhubung ke Internet

PC dan laptop tentu saja bisa tersambung ke internet dengan sambungan Wi-Fi atau ethernet, namun iPad Pro bisa terhubung ke internet dengan koneksi seluler. Ini memang bukan hal baru lagi di dalam dunia tablet, namun hal ini adalah sebuah kelebihan tersendiri dibandingkan dengan PC dan laptop tradisional.

 

Mudah Digunakan

iPad Pro diklaim mudah digunakan karena pada dasarnya iPad Pro terbaru tersebut adalah iPad biasa, namun dengan performa dan berbagai fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh iPad biasa. Cara kerja iPad sendiri juga terbilang mudah. Berbeda dengan PC, laptop, atau tablet lain selain iPad yang cara kerjanya bisa berbeda-beda antar perangkat.

 

Dukungan Apple Pencil

Apple Pencil pada dasarnya memang sebuah stylus, sebuah aksesoris yang bukan barang baru lagi. Tetapi iPad Pro 2018 ini memiliki dukungan Apple Pencil 2, yang memiliki fitur lebih baik, seperti tap gesture, charging secara langsung ketika menempel di iPad, dan lain sebagainya.

Yap, itu dia 5 alasan mengapa iPad Pro bisa menggantikan PC dan laptop. Tentu saja 5 alasan di atas adalah menurut iklan terbaru Apple. Kalau untuk saya pribadi sih iPad Pro sampai sekarang masih belum bisa menggantikan tugas PC dan laptop secara keseluruhan. iPad Pro cocok untuk pekerjaan tertentu seperti browsing, email, bermain game, edit dokumen Microsoft Office yang tidak terlalu kompleks, menggambar, dan lain-lain.

Bagaimana menurutmu?

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.