Benchmark iPad Pro Hampir Setara MacBook Pro, Isu Apple Tinggalkan Intel Makin Panas

Sudah bukan barang baru lagi jika prosesor rancangan Apple yang digunakan di perangkat iOS ini semakin canggih saja. Yang terbaru adalah chip prosesor A12X yang digunakan di iPad Pro 2018 terbaru.

Apple mengklaim bahwa prosesor ini lebih cepat dari 92% PC di pasaran. Hal ini setidaknya bisa sedikit dibuktikan dengan demo Adobe Photoshop kelas desktop dan juga AutoCAD kelas desktop yang kuat dijalankan di iPad Pro terbaru.

Saking sangarnya, hasil benchmark iPad Pro dengan A12X ini hampir setara dengan skor benchmark MacBook Pro 2018 dengan prosesor Intel Core i7 untuk benchmark multicore dan single core. Bahkan skor benchmark single core iPad Pro 2018 lebih tinggi dari MacBook Pro 2018 dengan 6-core 2.2GHz Intel Core i7.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa perangkat mobile dengan sistem operasi mobile jelas lebih ringan untuk mendapatkan skor benchmark yang tinggi. Mungkin ada benarnya, namun jika kita melihat perkembangan chip prosesor buatan Apple ini, rasanya sangat mungkin jika Apple akan mendepak Intel dari daftar prosesor Mac.

Apple memang akhir-akhir ini santer diberitakan sedang mengembangkan prosesor milik mereka sendiri untuk Mac. Memang tidak dalam waktu dekat, namun melihat perkembangan prosesor A-series di perangkat iOS, bukan hal mustahil Mac dan MacBook menggunakan A-series di beberapa tahun ke depan.

Bagaimana menurutmu mengenai hal ini?

via MacRumors

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.